Gus Ipul: Pengurus Wilayah NU Kecewa dan Anggap Nadirsyah Sebarkan Hoaks

Ketua Umum NU Yahya Cholil Staquf dan Sekretaris Jenderal Saifullah Yusuf dalam rapat gabungan di kantor Pengurus Besar NU di Jakarta, Rabu, 10 Januari 2024.
Sumber :
  • nu

Yogyakarta – Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) Saifullah Yusuf menyatakan para pengurus wilayah NU kecewa dengan pernyataan mantan rais Syuriyah PCI NU Australia-New Zealand Nadirsyah Hosein. Nadirsyah menyebut dalam sebuah pertemuan di Surabaya bahwa Miftachul Achyar bilang “tolong sekali ini saja sam’an wa tha’atan.”

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

“Rais Aam sama sekali tak pernah ada pernyataan itu. PW NU minta bukti siapa peserta yang bilang itu kepada Gus Nadir,” kata Gus Ipul, sebutan Saifullah Yusuf, kepada media usai penutupan acara Konferensi Besar NU di Hotel Melia Purosani, Yogyakarta, Selasa, 30 Januari 2024.

Gus Ipul menyayangkan pernyataan Gus Nadir yang menyebarkan berita bohong (hoaks) itu. Sebab, Gus Nadir sama sekali tidak pernah tabayun atau mengklarifikasi langsung dengan orang-orang yang turut hadir di pertemuan itu.

Hasto Klaim PDIP Bakal Move On dari Pilpres untuk Hadapi Pilkada 2024

Warga mengikuti pengajian dalam rangkaian Resepsi Puncak Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) di parkir timur Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa, 7 Februari 2023.

Photo :
  • ANTARA/Umarul Faruq

Dalam sesi wawancara dengan sebuah media, Nadir secara terang-terangan menyitir kata "sam'an wa tho'atan" dan kalimat itu dia asosiasikan kepada Rais Aam. "Tolong sekali ini saja, sam'an wa tho'atan," demikian diakui Nadir, itu sebagai kata-kata dari Rais Aam.

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Terkait sinyalemen yang berkembang di tengah masyarakat, Rais Aam NU Miftachul Akhyar dalam pembukaan acara Konbes NU 2024 di Pesantren Al Munawwir, Krapyak, Yogyakarta, mengingatkan agar warga nahdliyin bertabayun. Lalu, kata Kiai Mif, meneliti terhadap seluruh permasalahan yang ada. 

Tabayun menjadi sebuah amanah yang ditanggung oleh seluruh manusia terutama seluruh Nahdliyin, khususnya pengurus NU secara keseluruhan.

"Manakala PB NU melakukan (perbuatan) sesuatu (maka) datang dan tanyakan. (Jangan) belum datang sudah pengumuman," katanya.

Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pilpres Pemilu 2024. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut Kiai Mif, tabayun merupakan senjata untuk menaklukkan musuh-musuh yang ada. Sehingga, jika tidak bertabayun maka mereka akan kalah sebelum berperang.

"Sami'na wa atha'na. Di situlah Allah memberikan anugerah (yaitu) adalah perilaku ulama dulu, bahkan para nabi juga mengucapkan Sami'na  Wa Atho'na (kami dengar dan kami patuh)," katanya.

Kalrifikasi, kata dia, dapat menciptakan suasana yang kondusif. Sehingga, dapat menjadikan kemaslahatan bagi kehidupan yang ada di dunia bahkan sampai di akhirat.

"Kalau tidak paham dan tidak mengerti temuilah. Ngomong langsung sama orangnya, jangan ngomong di luar. Apalagi tidak mengerti juntrungannya. Sudah tiba-tiba menshare dengan kata-kata," jelasnya.

Klarifikasi ini menjadi penting. Sebab, NU akan menjadi rujukan bagi masyarakat luas. NU, kata dia, harus menjadi penerjemah agama Islam dan memanfaatkan momentum tersebut saat menjadi pengurus NU di berbagai sektor manapun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya