Soal Mahfud Mundur dari Menko Polhukam, Jokowi: Nanti Sore Bertemu

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) berencana akan bertemu Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD pada Kamis, 1 Februari 2024. Diduga, Mahfud ingin menyerahkan surat pernyataan mengundurkan diri kepada Presiden Jokowi.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

“Nanti sore mungkin ketemu,” kata Jokowi dikutip pada Kamis, 1 Februari 2024.

Presiden Jokowi berikan keterangan pers.

Photo :
  • Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden
Prabowo Mau Buat Presidential Club, Ganjar: Bagus-bagus Aja

Namun, Jokowi tidak menjelaskan lebih rinci akan bertemu Mahfud dimana lokasi dan waktunya. Hanya saja, Jokowi menghormati keputusan yang diambil oleh Mahfud tersebut.

“Ya itu hak, saya sangat menghargai,” ujarnya.

Seratus Kementerian Pun Tak Masalah jika untuk Akselerasi Kinerja, Menurut Pakar Politik

Sebelumnya, cawapres nomor urut 3, Mahfud MD jawab soal isu mundur dari Menko Polhukam RI. Ia mengaku akan mundur pada saat waktu yang tepat, bukan sekarang. Kabar Mahfud mau mundur terus mencuat.

"Bahwa, saya pada saatnya yang tepat, nanti pasti akan mengajukan pengunduran diri secara baik-baik," kata Mahfud MD dalam acara 'Tabrak Prof' di Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 23 Januari 2024.

Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD

Photo :
  • Istimewa

Mahfud juga menyebut hubungannya dengan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo baik-baik saja. Dia menyebut beberapa alasan dirinya tak mundur dari Menko Polhukam saat ini karena peraturan tak melarang pejabat untuk mencalonkan diri sebagai capres ataupun cawapres. 

"Jadi, tidak ada pertentangan antara saya dengan pak Ganjar. Menurut aturan, itu tidak dilarang. Dulu yang tidak dilarang itu ya menteri, terus pejabat-pejabat pusat lah. Tapi, jelang Pilpres yang kemarin ditambah lagi aturannya, maka Wali Kota ya tidak harus mundur, aturannya ditambah," tutur Mahfud.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya