Jokowi Siapkan Keppres Pemberhentian Mahfud dari Menko Polhukam Hari Ini

Presiden Jokowi dalam acara kongres GP Ansor
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara soal pengunduran diri Mahfud MD dari jabatan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam). Menurut dia, saat ini sedang diproses Keputusan Presiden (Keppres) terkait permohonan Mahfud tersebut.

Sudahi Kegaduhan terkait Pilpres 2024, Elite Politik Diminta Tiru Sikap Prabowo

“Ya kemarin sudah menyampaikan surat pengunduran diri kepada saya, dan pagi hari ini Kepprresnya kita siapkan,” kata Jokowi di Tanjung Priok pada Jumat, 2 Februari 2024.

Mahfud MD mundur dari Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan

Photo :
  • Antara
Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Namun, Jokowi belum menyebut siapa sosok yang akan menggantikan Mahfud usai disetujui permohonan pengunduran dirinya dari Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan.

“Belum, kan masih kemarin sore. Beri waktu sehari, dua hari, tiga harilah,” ujarnya.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Sebelumnya diberitakan, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD telah menyerahkan langsung surat pengunduran diri dari Kabinet Indonesia Maju kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta pada Kamis, 1 Februari 2024.

“Baru saja saya diterima Bapak Presiden, Bapak Joko Widodo yang ditemani Bapak Mensesneg, Bapak Profesor Pratikno. Saya menyampaikan surat kabar tentang kelanjutan tugas saya sebagai Menko Polhukam,” kata Mahfud di Kantor Presiden.

Adapun, Mahfud menyampaikan inti surat yang diserahkan kepada Presiden Jokowi yakni permohonan untuk berhenti dan isi surat itu singkat hanya berisi tiga hal.

Menko Polhukam Mahfud MD saat konferensi pers soal pengunduran dirinya.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Rahmat Fatahillah Ilham

Pertama, Mahfud menyampaikan terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang pada tanggal 23 Oktober 2019 mengangkat sebagai Menko Polhukam dan menyerahkan SK pengangkatannya dengan penuh penghormatan.

“Dan penghormatan saya kepada beliau pada saat ini, sehingga saya secara resmi dan dengan penuh hormat juga hari ini menyatakan minta atau memohon berhenti dengan sebuah surat itu,” ujarnya.

Lalu, Mahfud menyampaikan isi kedua suratnya itu adalah permohonan berhenti. “Ketiga, saya mohon maaf kepada beliau kalau memang ada masalah-masalah yang kurang saya laksanakan dengan baik,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya