Pemilu Besok, Ini Lokasi Nyoblos Anies-Cak Imin, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud

Tiga kontestan paslon Pilpres 2024 saat menghadiri debat kelima di JCC, Senayan,
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Jakarta - Masa tenang Pemilu 2024 segera berakhir. Tandanya, semua masyarakat Indonesia termasuk pasangan capres-cawapres akan melakukan pencoblosan pada Rabu, 14 Februari 2024. Dimana masing-masing capres-cawapres mencoblos?

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan VIVA, tiap capres-cawapres mencoblos di daerah yang berbeda-beda. Pasangan capres-cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mencoblos di Jakarta Selatan.

Kemudian, pasangan capres-cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melakukan pencoblosan di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sedangkan untuk pasangan capres-cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mencoblos di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Ganjar Nyatakan Jadi Oposisi, Ganjarist: Ini Menunjukkan Beliau Tidak Mencla-mencle

Ilustrasi pencoblosan.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Berikut lokasi pencoblosan tiap capres-cawapres:

Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

Pasangan capres-cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar akan mencoblos di wilayah Jakarta Selatan. Anies di Lebak Bulus, sedangkan Cak Imin di Kemang. "(Nyoblos) di Kemang," ujar Cak Imin kepada wartawan dikutip Rabu 24 Januari 2024.

Pekerja melipat surat suara pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Cak Imin menuturkan alasannya menggunakan hak suaranya di wilayah Kemang. Dia menyebut hal itu lantaran kartu tanda penduduk (KTP) miliknya beralamat di sana.

Dia kemudian menjelaskan kalau Anies Baswedan yang merupakan capresnya juga akan menggunakan hak suaranya pada 14 Februari 2024 mendatang di kediaman pribadinya di wilayah Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

"(Anies) di Lebak Bulus," jelas Cak Imin.

Kemudian, pasangan capres-cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan mencoblos di wilayah berbeda. Prabowo nyoblos di kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

"InsyaAllah (Prabowo mencoblos) di Hambalang," ucap Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani kepada wartawan di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan.

Sementara, cawapres Prabowo, Gibran Rakabuming Raka bersama istrinya, Selvi Ananda akan mencoblos di Solo. Keduanya masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) di Solo tepatnya di TPS 34 Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari.

“Saya sampaikan berkaitan dengan informasi publik bukan alamat rumah nggih, tapi karena ini akses kita di Sidalih (sistem data pemilih) akan saya sampaikan berkaitan dengan beberapa tokoh yang di Kota Surakarta (Solo) nanti akan menggunakan hak pilihnya. Satu, untuk pak Gibran Rakabuming Raka nanti ada di Manahan di TPS 34,” kata Ketua KPU Solo, Bambang Christanto saat ditemui wartawan, di Rutan Kelas 1 Solo, Jumat, 2 Februari 2024.

Terakhir, pasangan capres-cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Ganjar akan melakukan pencoblosan di Semarang. 

"Mencoblos di Semarang, Jawa Tengah. KTP saya Semarang," ujar Ganjar Pranowo kepada wartawan di Salatiga, Jawa Tengah, Selasa, 23 Januari 2024.

Sedangkan, untuk cawapresnya, Mahfud MD akan nyoblos bersama keluarga di Yogyakarta. "Saya nyoblos di Sambilegi Yogyakarta," ujar Mahfud kepada wartawan di Pamekasan, Madura, dikutip Jumat, 12 Januari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya