Prabowo-Gibran Menang Telak di Quick Count, Anies: Jangan Buru-buru, Masih Panjang

Anies Baswedan saat nyoblos Pemilu 2024
Sumber :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Jakarta – Calon presiden atau capres nomor urut satu Anies Baswedan menanggapi keunggulan pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka versi hitung cepat atau quick count Pilpres 2024. Duet Prabowo-Gibran unggul telak sementara.

 KPU Minta MK Tolak Tudingan Suara Nasdem Berkurang dan Golkar Bertambah di Jabar 1

Anies menyampaikan agar jangan terburu-buru dalam memandang hasil quick count yang sejauh ini masih bergerak. Sebab, menurut dia, semua hasil masih belum bisa diputuskan secara pasti.

"Kita tunggu dulu. Kita tunggu sampai perhitungan KPU selesai. Jangan buru-buru, santai masih panjang," kata Anies di Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu 14 Februari 2024.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

Dari hasil sementara quick count, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) tertinggal jauh dari Prabowo-Gibran. Tapi, Anies menyebut jangan sampai menentukan langkah selanjutnya jika belum ada hasil yang resmi. Dia minta agar semua pihak menghormati tahapan proses di KPU.

"Sebelum sampai whats next. Kita tunggu dulu sampai selesai semuanya. Jangan buru-buru, jangan buru-buru menyimpulkan. Kita hormati proses, kita hormati proses di KPU," kata Anies.

Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

Prabowo Subianto-Gibran, Kampanye Akbar Pesta Rakyat Untuk Indonesia Maju

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pun, dia mengimbau agar masyarakat pendukungnya tak mudah tergiring opini. Sebab, masih ada KPU yang nantinya akan bekerja secara menyeluruh untuk menentukan hasilnya.

"Jangan kita tergiring untuk segalanya serba cepat, sekarang harus sekarang, harus disimpulkan sekarang," lanjut Anies.

"Kasih dulu KPU bagi KPU untuk kerja, jangan kita tergiring untuk harus segalanya cepat sekarang, kita tunggu KPU tuntas," ujarnya.

Sejumlah lembaga survei sejak pukul 15.00 WIB, sudah merilis hasil sementara quick count Pilpres 2024. Beberapa lembaga survei itu antara lain Poltracking Indonesia, Kedai Kopi, dan Indikator Politik Indonesia.

Misalnya data quick count sementara Poltracking Indonesia dengan 78,37 persen suara hingga pukul 17.32 WIB. Pasangan Prabowo-Gibran ada di urutan teratas dapat 59,45 persen. Lalu, posisi dua ada Anies-Cak Imin dengan 24,05 persen, Ganjar-Mahfud 16,5 persen.

Dari data sementara Kedai Kopi di waktu yang sama dengan total suara masuk sudah 83,5 persen, pasangan Prabowo-Gibran masih unggul telak dengan 58,98 persen. Sementara, Anies-Cak Imin 23,91 persen, Ganjar-Mahfud 17,11 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya