Yasonna ke Kader PDIP Sumut: Ada yang Mau Curi Suara Partai Biar Lolos ke Senayan

Ketua DPP PDIP Yasonna H Laoly memantau penghitungan suara di Sekretariat BSPN PDIP Sumut.(B.S.Putra/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Sumut –  Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Yasonna Laoly meningatkan kepada seluruh kader dan relawan, termasuk caleg PDIP untuk mengamankan perolehan suara partai.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Hal itu disampaikan Yasonna saat memantau langsung proses penghitungan suara di Sekretariat Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDIP Sumut, Jalak Sei Batang Hari, Kota Medan, Kamis 22 Februari 2024. 

"Jadi saya mau menyampaikan ini, karena belakangan ini kami menangkap indikasi ada upaya-upaya melakukan hal-hal kecurangan mencuri suara," kata Yasonna kepada wartawan. "Ada untuk menaikkan suara-suara tertentu, supaya masuk memenuhi supaya bisa ke Senayan dan lain-lain," sambungnya

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Sayangnya, Yasonna tidak mengungkap siapa yang melakukan praktik culas mencuri suara partai. Pria yang menjabat Menteri Hukum dan HAM itu hanya mengingatkan kepada kader bahwa ada upaya untu mencuri suara partai.

Menkumham Yasonna Laoly dan elite PDIP

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

"Masa suara saya turun, bukan naik, itukan misalnya. Jadi kita lepaskan Sirekap-nya mereka, kita melihat dengan data riil. Tentunya kan orang orang berjuang itu orang yang naik ke atas. Kita juga meminta aparatur untuk memberikan perhatian," ungkapnya

Optimis PDIP 8 Kursi di Sumut

Disisi lain, Yasonna mengaku optimis caleg PDIP di masing-masing daerah pemilihan (Dapil) Sumut 1, 2 dan 3. Dengan total, sebanyak 8 kursi dalam perolehan suara di Pemilihan Legislatif (Pileg) pada Pemilu tahun 2024.
 
Menteri Hukum dan HAM RI itu, kK3, lalu 2 kursi dari Dapil Sumut 2 dan 3 kursi dari Dapil Sumut 3.

"Dan dari beberapa informasi yang kami collect, dari Sumut 1 kami potensial dapat 3 (kursi), potensial, termasuk Dapil Sumut 2 dan 3 (2 kursi dan 3 kursi). Dari saat ini sudah ada 500 ribu lebih data kami, saya cek 504 ribu (suara)," ungkap Yasonna.

Didampingi Ketua BSPN Sumut, John Purba dan Caleg PDIP DPRD Sumut Landen Marbun dan Caleg PDIP DPRD Medan Daniel Pinem, Yasonna mengatakan seusai instruksi partai, seluruh pengurus pusat hingga daerah, termasuk semua caleg, harus mengawal suara partai.

"Sesuai instruksi partai, seluruh jajaran partai mulai dari DPP sampai ke tingkat yang terendah, juga seluruh caleg, mulai dari DPR RI juga ke kabupaten/kota, harus mengamankan suara partai," kata Yasonna.

"Jadi kebetulan memang saya juga Dapil 1, tapi saya selalu memantau pergerakan suara mulai dari Dapil 1, Dapil 2 dan Dapil 3," jelas  Yasonna.

Berdasarkan data dikutip dari real count KPU hingga Kamis siang, 22 Februari 2024, pukul 13.30 WIB berikut daftar caleg PDIP dari Dapil Sumut yang potensial lolos ke DPR RI:

I. Dapil Sumut 1 (suara masuk 36,27%)

1. Sofyan Tan 35.999

2. Yasonna H Laoly 12.683

3. Paul Baja Siahaan 10.202

II. Dapil Sumut 2 (suara masuk 43,83%)

1. Rapidin Simbolon 30.964

2. Sihar PH Sitorus 21.719

III. Dapil Sumut 3 (suara masuk 52,30%)

1. Bane Raja Manalu 32.208

2. Bob Andika Mamana Sitepu 32.198

3. Junimart Girsang 26.911

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya