Anies Siap Dukung Hak Angket, Nasdem: Masih Tunggu Keputusan Ketua Umum

Bendahara Umum Partai Nasdem, Ahmad Sahroni
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta – Calon presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan mengaku siap mendukung hak angket yang direncanakan akan diajukan oleh PDI Perjuangan usai Pemilu 2024. Namun Nasdem masih menunggu kepastian dari ketua umumnya, Surya Paloh.

Soroti Kenaikan Uang Kuliah Makin Mahal, DPR: Lonjakan Terlalu Besar, Harusnya Bertahap

Bendahara umum Partai Nasdem, Ahmad Sahroni mengatakan, setiap legislatif memang boleh dalam pengajuan hak angket itu. Pasalnya, hak angket memang sudah diatur dalam konstitusi.

Tetapi, Sahroni menegaskan semua keputusan masih menunggu keputusan ketua umum partai politiknya. "Semua itu menunggu apa yang dilakukan, keputusan yang dilakukan ketua umum," ujar Sahroni di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Kamis, 22 Februari 2024.

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

Sahroni menjelaskan, ketika Anies menyatakan dirinya akan mendukung hak angket yang juga akan didukung Ganjar itu statusnya berbicara sebagai capres. Pasalnya, baik Anies dan Ganjar lahir sebagai capres dari proses politik yang dilakukan oleh partai.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni

Photo :
  • DPR RI
DPR Sebut Penerimaan Negara dari Bea Cukai Tiap Tahun Capai Target

"Kalau capres, para capres itu 01 dan 03 bicara tentang hak angket itu adalah ungkapan dari mereka-mereka, toh mereka bagian dari proses, pemilik dari partai politik adalah ketua umum," kata Sahroni.

"Nah ketua umum belum sama sekali memerintahkan angket itu maju atau tidak," lanjutnya.

Sebelumnya, calon presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan menyampaikan Koalisi Perubahan akan siap mengawal bareng terkait adanya ajakan untuk mengusulkan hak angket dalam menemukan dugaan kecurangan di Pemilu 2024. Anies yakin seluruh partai politik Koalisi Perubahan siap bersamanya.

Dia menilai usulan inisiatif capres nomor urut 3 Ganjar soal hak angket itu bagus. Apalagi, Fraksi PDIP di DPR punya kursi elektoral yang besar.

"Ketika kita mendengar akan melakukan, kami melihat itu ada inisiatif yang baik. Dan, ketika Pak Ganjar menyampaikan keinginan untuk melakukan angket itu, fraksi PDI perjuangan adalah fraksi yang besar," kata Anies di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Selasa 20 Februari 2024.

Anies menilai parpol koalisi seperti Nasdem, PKS, PKB siap bersama-sama. "Kami yakin bahwa koalisi perubahan Partai Nasdem, partai PKB, partai PKS akan siap untuk bersama-sama," lanjut Anies.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya