Jokowi Buka Suara Disebut Punya Peran di Kabinet Pemerintahan Berikutnya

Presiden Jokowi menyampaikan arahan di Rapim TNI-Polri 2024 di Mabes TNI
Sumber :
  • Dok Kemhan

Jakarta – Presiden Joko Widodo, disebut akan punya peran dalam menentukan kabinet pada pemerintahan berikutnya, 2024-2029. Bila berdasarkan quick count atau hitungan cepat, yang unggul di Pilpres 2024  adalah pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

9 Calon Anggota Pansel Capim KPK, 5 dari Unsur Pemerintah dan 4 Masyarakat

Disinggung soal saran untuk pemerintahan berikutnya, Presiden Jokowi meminta untuk ditanyakan ke Presiden terpilih nantinya. Terutama jika nanti keputusan finalnya adalah Prabowo Subiantio yang menjadi Presiden RI.

"Tanyakan ke Pak Prabowo," kata Jokowi, usai Rapim TNI-Polri, di Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Timur, Rabu 28 Februari 2024.

Istana Sebut Nama-nama Anggota Pansel KPK Akan Diumumkan Bulan Ini

Jokowi juga disebut, akan punya peran dalam penyusunan kabinet nantinya. Untuk menyusun kabinet pada pemerintahan yang baru, pemerintahan 2024-2029.

"Tanyakan kepada Pak Prabowo. Tanyakan (kok) kepada saya," katanya.

Terima Kunjungan Dubes India yang Baru, Prabowo Dorong Peningkatan Kerjasama

Bahwa Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto yang menyebut Jokowi punya peran itu nantinya, Presiden meminta untuk bertanya ke Airlangga.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, memberi penjelasan soal kabar Presiden Joko Widodo memiliki peran atau ikut campur dalam menentukan kabinet pemerintahanan Presiden terpilih periode 2024-2029.

Diketahui, berdasarkan perhitungan real count KPU sementara bahwa pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, masih unggul dari kedua rival lainnya di Pilpres 2024. Keunggulan di atas 50 persen ini membuat pilpres diprediksi berlangsung hanya satu putaran. 

“Kabinet urusannya Presiden. Kan selalu itu prerogratif Presiden,” kata Mensesneg Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Selasa, 27 Februari 2024.

Apalagi, kata dia, sudah ada aturannya juga untuk menentukan menteri kabinet memang wewenang dari Presiden Republik Indonesia. Maka dari itu, ia menepis ada peran Jokowi dalam penyusunan kabinet pada pemerintahan periode 2024-2029. Dimana penyusunan kabinet nanti, Jokowi sudah purna menjadi Presiden. 

“Kan tahu aturannya bahwa kabinet disusun oleh Presiden. Kabinet kedepan yang nyusun kedepan, Presiden kedepan,” ujar mantan Rektor UGM itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya