Program Makan Siang Gratis Dibahas di Istana, Hasto PDIP Bilang Begini

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto angkat bicara soal program makan siang gratis dari pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang dibahas dalam rapat menteri kabinet Presiden Jokowi beberapa waktu lalu. 

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Hasto menilai bahwa hal itu tidak tepat dilakukan karena saat ini proses rangkaian Pemilu 2024 belum selesai 100 persen.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto Hadiri Rakerda PDIP Sulawesi Utara

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham
Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

"Ya kalau kita melihat, pembahasan tidak tepat karena sekarang tahapan Pemilu Presiden ini baru memasuki tahap rekapitulasi," kata Hasto kepada wartawan di Jakarta Pusat, Rabu, 28 Februari 2024.

Maka itu, Hasto menduga ada upaya konsolidasi kekuasaan ketika para menteri kabinet Presiden Jokowi membahas program tersebut walaupun rangkaian proses Pemilu 2024 belum rampung.

Utut Hadianto Deg-degan Pidato Perdana di PKS, Sindir PDIP Tak Punya Aturan Pilih Ketua Umum

"Sehingga ada upaya-upaya tertentu yang kemudian justru malah menimbulkan suatu tanda tanya, ketika konsolidasi kekuasaan secara masif dilakukan, termasuk pembahasan program makan siang gratis dari pak Prabowo dan mas Gibran sementara tahap pemilu presiden belum selesai," kata Hasto.

"Sehingga ada upaya sepertinya mau membangun skenario bahwa Pemilu sudah selesai, padahal rekapitulasi baru dilakukan. Ini tentu saja menyentuh aspek-aspek hukum dan aspek etika dari penyelenggara negara," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Program unggulan paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yakni makan siang gratis, akan masuk ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025. Nantinya per anak akan menerima jatah makan siang Rp 15.000.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Dia mengatakan, jatah makan siang Rp 15.000 per anak ini di luar susu gratis.

"Per anak kira-kira Rp 15.000 (makan siang). Ini di luar susu," ujar Airlangga di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin, 26 Februari 2024.

Ilustrasi makan siang gratis

Photo :
  • Suistanweb

Airlangga mengatakan, dari anggaran Rp 15.000 per anak ini, nantinya menu makan siang dilepaskan ke daerah masing-masing. Artinya, daerah bebas menentukan pilihan jenis makan siangnya.

"Menunya nanti dilepaskan ke daerah masing-masing daerah, kita tidak menyeragamkan. Merata di seluruh Indonesia Rp 15.000," terangnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo membantah membahas program makan siang gratis dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara pada Senin, 26 Februari 2024. Program makan siang ini adalah program capres-cawapres, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Berdasarkan quick count, pasangan nomor urut 2 ini unggul dan diprediksi akan menang.

Presiden Jokowi mengatakan tidak membahas spesifik soal makan siang gratis yang menjadi program andalan Prabowo tersebut. Yang disampaikan di rapat kabinet, jelasnya, soal program-program Presiden terpilih yang perlu dimasukkan dalam RAPBN 2025.

“Enggak ada (bahas program makan siang). Hanya dalam sidang kabinet saya sampaikan, bahwa program-program Presiden terpilih harus sudah dimasukkan dalam rencana anggaran 2025,” kata Jokowi di Mabes TNI, Cilangkap pada Rabu, 28 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya