Pilkada Kukar 2024, Dendi Suryadi Unggul Versi Survei LKPI

Pemungutan suara atau pencoblosan di Pilkada. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Kukar - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis riset terbarunya terkait Pilkada 2024 khususnya Pemilihan Bupati Kutai Kertanegara 2024. Dari temuan LKPI, ada beberapa tokoh bakal calon bupati yang punya elektabilitas potensial.

Respons Hasto, Golkar Pastikan Dukung Menantu Jokowi di Pilgub Sumut

Koordinator LKPI, Togu Lubis menjelaskan survei yang dilakukan pihaknya untuk mengukur tingkat elektabilitas sejumlah tokoh potensial yang digadang-gadang maju sebagai bakal calon Bupati Kutai Kartanegara. Dia mengatakan dukungan tertinggi bakal calon Bupati Kutai Kartanegara ada di sosok Dendi Suryadi yang merupakan mantan Dandim Kukar.

Menurut dia, dalam survei itu memuat pertanyaan terbuka kepada 900 responden yang merupakan warga Kukar dengan pertanyaan jika 'Pilkada Kukar digelar hari ini, tokoh mana yang diinginkan sebagai Bupati Kukar pada Pilkada 2024?'. Dari hasil jawabannya, nama Dendi Suryadi dipilih sebanyak 28,2 persen.

PDIP Blacklist Bobby Nasution di Pilkada Sumatera Utara

Selanjutnya, ada Edy Damansyah 18,1 persen, Rendi Solihin 15,6 persen, Abdul Rasid 3,6 persen, Awang Yacoub 2,6 persen, Seno Aji 1,9 persen, hingga Alif Turiadi 1,7 persen. Sementara, responden yang belum memilih 24,2 persen.

Ilustrasi Pilkada 2020.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Apple Kirim Peringatan ke 92 Negara

Adapun dalam pertanyaan tertutup kepada 900 responden dengan pertanyaan di kertas kuisioner yaitu tokoh-tokoh mana yang akan dipilih jika Pilkada di gelar hari ini. Maka dari data yang terkumpul, nama Dendi Suryadi masih berada di urutan teratas dengan 33,7 persen.

Kemudian, disusul Edy Damansyah Bupati Kukar sebesar 22,3 persen dan Rendi Solihin 14,6 persen, Abdul Rasid  4,7 persen, hingga Awang Yacoub 2,3 persen.

Togu Lobis menuturkan responden yang digunakan dalam survei ini sebanyak 900 warga Kukar dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 sebanyak 543.063 pemilih yang tinggal di 20 Kecamatan, Kabupaten Kukar.

Penentuan responden mengunakan metode multistage random sampling. Survei memiliki margin of error sebesar kurang lebih 3,2 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei LKPI ini dilakukan dalam kurun waktu 19-28 Februari 2024.

Menanggapi itu, pengamat politik dan Universitas Mulawarman (UNMUL) Samarinda, Kalimantan Timur, Budiman, menganalisa keunggulan sosok Brigjen TNI Dendi Suyadi sebagai bakal calon Bupati Kukar di survei LKPI. Menurut dia, hal itu karena Dendi merupakan putra daerah yang memiliki reputasi pernah menjabat sebagai Kasdim dan Dandim Kukar. Selain itu, Dendi juga pernah jabat sebagai Danrem Samarinda.

Budiman menilai Dendi juga dikenal dan dekat dengan warga Kukar. Menurut dia, hal itu jadi salah satu sebab Dendi unggul di survei sebagai pilihan warga Kukar.

Menurut dia, figur Dendi juga perlihatkan kinerja baik sebagai Dandim maupun Danrem untuk warga Kukar. "Bahkan masyarakat merasa nyaman dengan kepemimpinannya," ujar Budiman.

Lantas, terkait warga Kukar yang kemungkinan ingin pemimpin dari sosok militer, ia tak menafikan hal tersebut. Apalagi, untuk Pilpres 2024, capres Prabowo Subianto yang berlatarbelakang militer juga menang telak di Kukar.

"Bisa saja karena masyarakat ingin pemimpin atau Bupati dari kalangan militer yang tegas dan memberikan rasa aman dengan masyarakat," jelas Budiman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya