Rekapitulasi Nasional, Anies-Muhaimin Unggul di Jeddah Arab Saudi

Pekerja melipat surat suara pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Jakarta – Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Jeddah, Yasmin Andriyansah mengungkapkan hasil penghitungan suara di wilayah kerjanya pada saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia.

Khawatir Ada Aksi saat Putusan Sengketa Pilpres, TKN Siapkan Satgas Khusus

Hasilnya, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), menempati posisi teratas dengan perolehan 10.394 suara.

Kemudian, pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendapatkan suara 5.118. Pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendapatkan suara terendah di wilayah kerja PPLN Jeddah, yaitu 1.487 suara.

TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA

Adapun surat suara sah untuk Pilpres di PPLN Jeddah sebanyak 16.999 sementara suara tidak sah ada 179. Totalnya sebanyak 17.178 suara.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Sebagai informasi, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di PPLN Jeddah sebanyak 54.488 orang yang terdiri dari 19.500 laki-laki dan 34.988 perempuan. Namun, jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 1.916.

Jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih dalam DPT lebih sedikit dibanding daftar pemilih khusus (DPK) dan daftar pemilih tambahan (DPTb).

Sebab, pengguna hak pilih dalam DPK mencapai 9.573 orang sementara DPTb yang menggunakan hak pilih sebanyak 5.689 orang.

Hasil rekapitulasi penghitungan suara di Jeddah,Arab Saudi ini kemudian diterima oleh KPU dan peserta rapat pleno terbuka ini.

"Demikian tadi pembacaan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara untuk pemilu presiden dan pemilu DPR RI daerah pemilihan Jakarta II yang berasal dari PPLN Jeddah, Arab Saudi dinyatakan disahkan," kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari di ruang sidang utama KPU, Jakarta Pusat, Jumat, 1 Maret 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya