Jokowi: Semangat Moderasi yang Cari Jalan Tengah Sangat Dibutuhkan Bangsa Indonesia

Presiden Jokowi dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan semangat moderasi yang berpijak pada jalan tengah sangat dibutuhkan pada bangsa Indonesia. Hal itu dinilai sangat penting untuk merawat persaudaraan dan persatuan bangsa yang majemuk.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Hal itu disampaikan Jokowi dalam acara peluncuran buku bertajuk 'Jalan Baru Moderasi Beragama Mensyukuri 66 Tahun Haedar Nashir' di gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin, 4 Maret 2024 malam.

"Semangat moderasi yang berpijak pada filosofi siger tengah, mencari titik keseimbangan, mencari solusi jalan tengah dan sangat dibutuhkan bangsa Indonesia yang majemuk untuk merawat persaudaraan dan persatuan," kata Jokowi dalam cuplikan video.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pilpres Pemilu 2024. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan ucapan selamat kepada Ketua UmumĀ Muhammadiyah Haedar Nashir atas peluncuran buku tersebut.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

"Selamat atas peluncuran buku Jalan Baru Moderasi Beragama yang didedikasikan cendikiawan dan agamawan untuk mensyukuri 66 tahun usia Bapak Profesor Haedar Nashir," ucap dia.

Jokowi menilai, Haedar merupakan sosok yang bersikap kritis tapi juga memiliki pemikiran yang teduh dalam menyikapi berbagai persoalan bangsa.

"Saya mengikuti pemikiran dan pandangan beliau yang teduh, yang mengayomi, juga sikap kritis beliau dalam sikapi persoalan kebangsaan yang selalu kedepankan semangat merangkul dan semangat mengayomi," katanya.

"Terima kasih, Profesor Haedar, untuk kontribusi dan dedikasinya selama ini bagi bangsa Indonesia yang kita cintai," tandas Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya