PSI menurut Quick Count Charta Politika Cuma 2,92 Persen dan Tak Lolos Parlemen

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Jakarta – Lembaga survei Charta Politika Indonesia merilis hasil quick coint atau hitung cepat Pemilu Legislatif 2024. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) diprediksi tidak lolos parliamentary threshold atau ambang batas parlemen sebesar 4 persen. 

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Charta Politika menyebut partai yang dikomandoi putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, itu hanya meraih 2,92 persen suara.

Selain PSI, Partai Buruh, Partai Gelora, PKN, Partai Hanura, Partai Garuda, PBB, PSI, Partai Perindo, dan Partai Ummat, juga diprediksi tidak lolos ke parlemen.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Ilustrasi pemungutan suara saat pemilu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

"Untuk partai Buruh, Gelora, PKN, Hanura, Garuda, PBB, PSI, Perindo, dan Ummat diprediksi tidak lolos PT (parliamentary threshold)," kata peneliti Charta Politika Ardha Ranadireksa, Senin, 4 Maret 2024.

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Berdasar hasil hitung cepat, Charta Politika juga memprediksi partai yang lolos ambang batas parlemen. PDIP diperkirakan memperoleh suara terbanyak dengan 16,11 persen atau perkiraan kursi terbanyak 114 dan raihan kursi minimal 103.

Di posisi kedua ada Partai Golkar dengan raihan 14,42 persen dan diperkirakan mendapat 105 kursi maksimal dan minimal meraih 94 kursi. Berikutnya yakni Partai Gerindra, meraih 13,45 persen dengan perkiraan mendapat 96 kursi maksimal dan minimal meraih 82 kursi.

Selanjutnya, PKB diprediksi meraih 10,47 persen suara dengan perkiraan maksimal dapat 75 kursi dan minimal 65 kursi. Partai Nasdem diperkirakan meraih 9,37 suara dengan perkiraan mendapat 70 kursi maksimal dan minimal meraih 57 kursi.

Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pilpres Pemilu 2024. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Kemudian PKS diprediksi mendapat 8,78 persen suara dengan perolehan maksimal kursi 60 dan jumlah minimal dapat 44 kursi. Selanjutnya Partai Demokrat diperkirakan meraup 7,62 persen suara dengan prediksi mendapat maksimal 55 kursi dan minimal meraih 42 kursi.

Sementara PAN diprediksi bakal mendapatkan 7 persen suara dengan perkiraan jumlah maksimal 50 kursi dan minimal dapat 40 kursi. Kemudian PPP juga dinilai berpotensi lolos ke parlemen dengan 3,96 persen suara.

"Sementara PPP dikategorikan 'berpotensi lolos' parliamentary threshold. Dengan demikian, maksimal jumlah partai politik yang akan menduduki parlemen adalah sebanyak sembilan partai politik," ujarnya.

Lebih lanjut Ardha menambahkan, prediksi raihan jumlah kursi di DPR bergantung pada perolehan suara partai politik di setiap Dapil.

Charta Politika melakukan hitung cepat di 38 provinsi dengan menggunakan sampel sebanyak 2000 TPS. Proses sampling dilakukan secara acak menggunakan metode Stratified Cluster Sampling. 

Adapun margin of error dalam hitung cepat ini sebesar kurang lebih 1 persen dengan tingkat kepercayaan 99 persen. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya