Puji Kinerja Airlangga, Luhut: Kalau Ada yang Gosok dari Luar, Kita Lawan Siapa Pun Itu

Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan
Sumber :
  • istimewa

Badung - Kader Partai Golkar diminta tak mudah terpengaruh pihak luar yang coba mengguncang posisi Airlangga Hartarto sebagai ketua umum partai. Kepemimpinan Airlangga sudah teruji dengan pencapaian Golkar di Pemilu 2024.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Demikian disampaikan Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan saat Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama di Badung, Bali, Jumat, 15 Maret 2024.

Bagi Luhut, kinerja Airlangga sebagai nakhoda Golkar layak dapat apresiasi karena membawa suara partai berlambang Pohon Beringin itu melonjak di Pileg 2024. "Saya pikir sekali lagi Pak Airlangga selamat," kata Luhut di Hotel Mulia, Badung.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Dia mengingatkan jika ada pihak luar yang coba menggosok hingga mengatur-atur internal Golkar maka mesti dilawan bersama.

"Jadi, kalau ada orang yang gosok dari luar jangan ada yang mau, Golkar is Golkar. Jangan ada yang mau atur-atur kita. Kalau kau (Airlangga) sama aku kumpul kita lawan siapa pun itu," kata Luhut.

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Waketum Golkar Bamsoet

Photo :
  • Dok. Golkar

Pun, dia menambahkan, para kader terutama jajaran pengurus kompak dalam menghadapi Pileg 2024 sehingga perolehan suara partai meningkat. Jika merujuk data sementara, Golkar setidaknya sudah berhasil menyegel 102 kursi di DPR RI.

"Saya pikir kita harus apresiasi tim Golkar. Tentu ada yang tidak suka kita harus kompak melawan itu," lanjut Luhut.

Luhut juga mengatakan agar dari internal juga jangan coba bermain-main. "Semua bisa terbaca. Kita bisa baca dari mana. Siapa yang bermain sini bermain sana," jelas Luhut.

Dinamika politik menghangat menuju pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Golkar yang digelar pada Desember 2024. Agenda Munas akhir tahun itu untuk memilih Ketua Umum Golkar periode 2024-2029.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP Golkar Bambang Soesatyo alis Bamsoet menyebut ada 4 figur yang digadang-gadang jadi kandidat bursa calon ketua umum. Menurut dia, empat figur itu adalah Ketua Umum Golkar saat ini yaitu Airlangga Hartarto sekaligus Menko Perekonomian RI.

Selanjutnya, ada petinggi Golkar lainnya yaitu Agus Gumiwang Kartasasmita yang juga menjabat Menteri Perindustrian. Lalu, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.
Kemudian, Bamsoet juga menyebut namanya sendiri.

"Ada Pak Airlangga sendiri, ada Pak Agus Gumiwang, ada Pak Bahlil, ada saya," kata Bamsoet, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat, 8 Maret 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya