Anies Tak Goyang soal Prinsip Oposisi Pemerintah, Tiga Sekjen Parpol Koalisi Perubahan Bilang Begini

Tiga sekjen partai politik Koalisi Perubahan saat berkumpul di Nasdem Tower hari ini
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta – Capres nomor urut satu Anies Baswedan mengatakan, dirinya tidak akan ingkar pada prinsip oposisi pemerintahan meski kalah pada pilpres 2024. Tiga Sekjen partai politik dari Koalisi Perubahan turut menyorotinya.

Nasdem Jadikan Anies Baswedan Prioritas Utama Maju Pilkada Jakarta, Ahmad Sahroni Kedua

Sekjen Partai Nasdem Hermawi Taslim mengatakan bahwa sampai saat ini masih menunggu hasil rekapitulasi tingkat nasional yang disampaikan oleh KPU secara menyeluruh. Tapi, ia memastikan bahwa tiga parpol Koalisi Perubahan di DKI Jakarta sendiri menang dan mengalami peningkatan kursi.

Anies Baswedan usai shalat jumat di Masjid Kubah Emas, Depok

Photo :
  • VIVA.co.id/Galih Purnama (Depok)
Utut Hadianto Deg-degan Pidato Perdana di PKS, Sindir PDIP Tak Punya Aturan Pilih Ketua Umum

"Yang jelas kita menunggu rekapitulasi manual jadi kita tidak berandai-andai anda mengatakan kalah kalau Anies menang gimana? kenapa tidak ada seandainya Anies menang ketiga Sekjen ini jadi apa? Tidak ada yang bertanya? sabar aja ya," ujar Hermawi Taslim kepada wartawan di Nasdem Tower, Jumat 15 Maret 2024.

Kemudian, Sekjen PKB M Hasanuddin Wahid alias Cak Udin mengatakan bahwa saat ini PKB masih belum juga memutuskan akan melakukan oposisi atau tidak. Sebab, semua hal tentang oposisi atau tidak yang terpentingnya adalah berguna untuk masyarakat Indonesia.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

"Jadi posisi atau tidaknya semuanya mulai dan terhormat, pertama komitmen ya itu untuk NKRI apa yang terbaik untuk bangsa ini pasti nanti PKB putuskan pada saatnya kita oposisi atau tidak, kepentingan oposisi atau tidak itu untuk NKRI itu apa untuk rakyat itu apa, yang lebih maslahat itu ini yang mana?," kata Cak Udin.

Cak Udin juga meminta kepada publik  untuk tetap bersabar dalam melihat oposisi atau tidaknya PKB.

"Jadi sabar dulu, tunggu aja belum waktunya belum diumumkan sikap resmi kita seperti apa," ucap Cak Udin.

Kemudian, Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi mengatakan bahwa PKS sendiri untuk oposisi sudah tidak diragukan lagi. Aboe menyebut tak ambil pusing jika PKS harus oposisi lagi usaikalah di pilpres 2024.

"Kalau memang harus kembali ke oposisi kita juga tak ada kesulitan kita kembali kepada pemerintah kita pun juga tak ada kesulitan, tinggal permasalahannya adalah kita liat hasil besok baru watak dan karakter PKS selalu keputusannya di majelis syura," ucap Aboe.

Anies Baswedan melayak ke rumah Habib Hasan bin Jafar Aasegaf

Photo :
  • VIVA.co.id/Galih Purnama (Depok)

Aboe memastikan semua diputuskan setelah KPU mengumumkan hasil rekapitulasi nasional soal pilpres. Ia berharap akan ada partai politik lainnya yang punya pedoman opoisi seperti PKS.

"Engga jauh berbeda dengan cak Hasan tadi, maslahatnya apa tapi memang satu negara tidak ada oposisi engga malu apa kita dimata dunia, ini negara apa tidak ada check and balance, engga ada yang kontra, jadi semua manut, engga bisa juga," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya