Caleg Nasdem Mundur usai Dapat Suara Tertinggi di NTT, Hermawi: Kemauan Sendiri

Caleg Nasdem dan Mantan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Laiskodat
Sumber :
  • Jo Kenaru

Jakarta – Partai Nasdem buka suara usai caleg DPR RI di dapil NTT II, Ratu Wulla Talu memutuskan mengundurkan diri. Ratu Wulla dikatakan mengundurkan diri atas kemauannya sendiri.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

"Jadi gini, ibu Ratu itu datang membawa surat pengunduran dirinya. (Surat pengunduran diri) ditulis itu, atas kemauan sendiri dengan penuh kesadaran dan segala macem," ujar Sekjen Nasdem Hermawi Taslim kepada wartawan, Jumat 15 Maret 2024.

Hermawi menjelaskan bahwa Ratu Wulla mengundurkan diri secara langsung menjadi caleg partai Nasdem, pengunduran dirinya itu diajukan langsung kepada Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Tetapi, Hermawi tak merincikan kapan peristiwa itu terjadi.

NasDem Mau Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Kita Sadar Diri

Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Hermawi Taslim

Photo :
  • VIVA/ Foe Peace Simbolon.

"Beliau datang didampingi suaminya. Membawa surat pengunduran diri. Beliau membawa surat mengatakan kepada kita, kepada ketua umum, kepada kami, 'saya mengundurkan diri dari daftar calon ini'," ungkap Hermawi.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Ikut Lanjutkan? 

Hermawi juga tak menjelaskan secara detail alasan Ratu Wulla mengundurkan diri sebagai caleg dari fraksi Nasdem. Ia meminta untuk menanyakan langsung kepada Ratu Wulla soal alasannya.

Lebih lanjut, kata Hermawi, surat pengunduran diri Ratu Wulla sebagai caleg sudah diserahkan langsung kepada KPU. Hal itu merujuk pada peraturan perundang-undangan.

"Menurut aturan perundang-undangan karena beliau adalah calon dari Nasdem. Maka partai Nasdem harus buat surat pengantar. Maka ketua umum bersama saya membuat surat pengantar kepada KPU," tuturnya.

Sebelumnya, Mantan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) akan lolos ke Senayan dan dilantik menjadi anggota DPR periode 2024-2029 usai peraih suara terbanyak dari Partai Nasdem di dapil NTT II, Ratu Wulla Talu memutuskan mengundurkan diri. 

Hal tersebut berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara Pileg 2024, perolehan suara Ratu Wulla Talu mengungguli VBL yakni sebanyak 76.331 suara. Sementara VBL mengumpulkan 65.359 suara atau terpaut 10.972 suara dari Ratu Wulla Talu.

Pengunduran diri Ratu Wulla Talu diketahui dari saksi Partai Nasdem saat rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 di KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Maret 2024. Saksi tersebut mengatakan bahwa pihaknya menyampaikan surat dari Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh soal pengunduran diri Ratu Wulla Talu.

"Ada surat dari Ketua Umum Partai Nasdem kepada KPU dan Bawaslu RI terkait pengunduran diri caleg nomor urut 5 di Dapil NTT II (Ratu Wulla Talu)," kata Saksi Partai Nasdem tersebut.

Saksi pun mengungkapkan, Ratu Wulla Talu mundur mundur tertuang dalam surat yang ditandatangani oleh Surya Paloh, Ketua Umum Partai Nasdem. Surat tersebut langsung diserahkan ke KPU dan ditembuskan ke Bawaslu.

"Karena suratnya kepada KPU dan Bawaslu RI, saya tidak berhak untuk membacakannya, dan lampirannya juga ada di dalamnya. Dengan demikian, perlu kami sampaikan di dalam forum terbuka ini bahwa caleg Partai Nasdem nomor urut 5 Dapil NTT II menyatakan mengundurkan diri, dan dengan demikian kami dari DPP Partai Nasdem menyampaikan surat kepada KPU RI dengan tembusan kepada Bawaslu RI," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya