Menkominfo: Hampir 92% Kebisingan Ruang Digital Isinya Buzzer

Budi Arie Setiadi, Ketua Umum Projo, Menteri Komunikasi dan Informatika
Sumber :
  • Kemenkominfo

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi menyatakan bahwa hampir 92 persen kebisingan yang terjadi dalam ruang digital di Indonesia dipenuhi oleh buzzer.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

"Dan juga yang agak vital ini adalah bahwa hampir 92 persen kebisingan ruang digital kita ini ternyata diisi para buzzer," kata Budi Arie usai menghadiri rapat koordinasi pengamanan komunikasi informasi setelah pemungutan suara pemilu 2024 bersama Menko Polhukam RI Hadi Tjahjanto di Jakarta, Selasa, 19 Maret 2024.

Budi mengatakan bahwa suasana setelah pemilu 2024 sangat lebih baik daripada suasana sesudah Pemilu 2019. Hal itu, kata dia, berdasarkan data yang telah diterima pihaknya setelah pesta demokrasi di Indonesia berlangsung.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Penghitungan Surat Suara Pemilu. (Foto Ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

 
Setelah proses pemungutan suara, Budi mengaku, pemerintah juga telah menurunkan sebanyak 1.974 berita bohong.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

"Ini landscape isu hoax terkait pemilu dari 17 Juli 2023 hingga 18 Maret 2024. Itu ada 274 isu hoakas, sementara jumlah sebaran hoaks itu mencapai jumlahnya adalah 3.235 hoax di mana 1.974 hoax kita take down," katanya. 

Selain itu, Budi Arie menjelaskan bahwa ribuan data yang teridentifikasi hoaks oleh Menkominfo tidak di-takedown, karena tak berdampak signifikan terhadap isu-isu terkini.

"Nah, pertanyaannya, sisanya ke mana? itu kita stempelin hoaks. Itu hoaks yang enggak perlu di-takedown, cukup distempel aja. karena isunya, judulnya enggak masuk akal," imbuhnya. 

Petugas KPPS menunjukkan surat suara pemilihan calon Presiden dan calon Wakil Presiden yang sudah tercoblos di Pemilu 2019. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Meski demikian, ia menyebut, dalam rapat koordinasi hari ini telah membahas antisipasi dan langkah-langkah di ranah komunikasi, khususnya di ruang digital. Selain itu, Budi juga mengajak, selama Ramadhan masyarakat lebih bijak dalam menggunakan media sosial.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya