Menkominfo Sebut Situasi usai Pemilu 2024 Sangat Lebih Baik dibanding 2019

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa situasi nasional secara umum setelah Pemilu 2024 jauh lebih baik jika dibandingkan dengan 2019.

Hasto Klaim PDIP Bakal Move On dari Pilpres untuk Hadapi Pilkada 2024

"Bahwa rapat hari ini sudah membahas antisipasi dan langkah-langkah di ranah komunikasi khususnya di ruang digital kita. Dan memang, menurut data, suasana lebih baik dibanding pemilu 2019, sangat lebih baik," kata Budi usai menghadiri rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto di Jakarta, Selasa, 19 Maret 2024.

Budi Arie menyebut pemerintah berhasil melakukan take down ribuan hoaks, dimulai dari tahapan Pemilu 2024 berlangsung.

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Proses Pemungutan suara pemilu 2024. (foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

"Ini landscape isu hoax terkait pemilu dari 17 Juli 2023 hingga 18 Maret 2024. Itu kan tahapan Pemilu sudah mulai kan 17 Juli. Itu ada 274 isu hoaks, sementara jumlah sebaran hoaks itu mencapai jumlahnya adalah 3.235 hoaks, di mana 1.974 hoaks kita take down," kata dia.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Selain itu, Budi Arie menjelaskan bahwa ribuan data yang teridentifikasi hoaks oleh Menkominfo tidak di-take down, karena tak berdampak signifikan terhadap isu-isu terkini.

"Nah, pertanyaannya, sisanya ke mana? Itu kita stempelin hoaks. Itu hoaks yang enggak perlu di-take down, cukup distempel aja. Karena isunya, judulnya enggak masuk akal," kata dia. 

Kendati demikian, Budi Arie memastikan rapat koordinasi dengan Menko Polhukam berjalan dengan lancar dan mengantisipasi berbagai hal yang tak diinginkan usai Pemilu 2024.

Pemilu/Ilustrasi

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Untuk itu Budi mengajak para pengguna media sosial untuk bijak dalam menggunakannya, terutama selama bulan suci ramadan.

Hadi Tjahjanto, Hal usai memimpin rapat koordinasi bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, hingga Kepala Polri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Jakarta, Jumat pekan lalu, mengatakan situasi usai Pemilu 2024 masih tergolong kondusif dan aman terkendali.

Hadi menyebutkan, tahapan Pemilu 2024 masih terus berjalan. Pemerintah pun masih memantau tahapan Pemilu yang memasuki proses rekapitulasi tingkat nasional hingga pengumuman resmi dari KPU RI.

"Ini tahapan Pemilu 2024 masih berjalan dan kita terus memantau tahapan Pemilu yakni rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan hasil penghitungan suara Pemilu oleh KPU," ujarnya.

Lebih lanjut, dia pun mengimbau masyarakat untuk menjaga situasi usai Pemilu 2024 ini. Keberhasilan penyelenggaraan Pemilu ada di tangan pemerintah dan masyarakat Indonesia.

"Untuk itu kita bersama-sama hendaknya mengamankan proses demokrasi yang sedang berjalan ini dan ikut juga menjaga stabilitas politik, hukum dan keamanan agar tetap kondusif dan terwujud harmoni dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang semakin kokoh dan kuat," kata Hadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya