KPU Targetkan Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 Rampung Hari Ini

Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menargetkan proses rekapitulasi hasil Pemilu 2024 dapat selesai pada hari ini, Selasa, 19 Maret 2024 malam. Hari ini, KPU akan melanjutkan rekapitulasi dari empat provinsi, yakni Jawa Barat, Maluku, Papua, Papua Pegunungan.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

"Kalau rekapitulasi, kita sedang upayakan dua provinsi Papua juga selesai malam ini," kata anggota KPU RI, August Mellaz kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Maret 2024.

Anggota KPU RI August Mellaz

Photo :
  • KPU
Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

Kata Mellaz, jika rekapitulasi selesai maka pihaknya akan lanjut ke proses berikutnya yakni penetapan. Namun, sebelum itu pihaknya akan melangsungkan rapat pleno terlebih dahulu.

"Kami akan melakukan rapat pleno terbuka untuk penetapan hasil Pemilu secara nasional. Jadi kami bertujuh pasti posisinya stand by di Kantor KPU," ungkapnya.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Mellaz mengatakan fokus pihaknya saat ini yakni menyelesaikan rekapitulasi dari empat provinsi yang tersisa. Sebab, rekapitulasi harus sudah selesai sesuai tenggat waktu yakni 20 Maret 2024.

"Yang jelas, kita fokusnya ke urusan penyelesaian untuk rekapitulasi yang 4 provinsi. Kalau 4 provinsi ini rekapitulasinya selesai ya baru kita bicara penetapan," pungkas Mellaz.

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan melanjutkan kembali rekapitulasi hasil Pemilu 2024 di tingkat nasional, hari ini, Selasa, 19 Maret 2024. 

Anggota KPU, August Mellaz mengatakan rencananya rekapitulasi dilanjutkan untuk empat provinsi yakni Jawa Barat (Jabar), Maluku, Papua dan Papua Pegunungan. Namun, baru dua provinsi yang sudah siap melakukan rekapitulasi. 

"Hari ini kami rencanakan untuk melanjutkan pleno rekapitulasi nasional secara terbuka untuk empat provinsi yang belum. Nah yang jelas dua provinsi hari ini, Jawa Barat sudah di Jakarta, sudah di KPU tinggal nanti dibuka plenonya," kata Mellaz kepada wartawan di Kantor KPU RI.

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA

"Kemudian, untuk Provinsi Maluku sedang dalam perjalanan dari bandara ke Kantor KPU," sambungnya.

Mellaz menyatakan, pihaknya berupaya agar dua provinsi lain yakni Papua dan Papua Pegunungan dapat hadir di Kantor KPU RI malam ini sehingga proses rekapitulasi dapat dirampungkan segera. "Kita usahakan, Provinsi Papua dan Papua Pegunungan malam ini bisa hadir di Jakarta," jelas Mellaz.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya