Jusuf Wanandi Beberkan Alasan Dukung Prabowo: Di Antara 3 Capres, Hanya Prabowo yang Siap

Peneliti senior Jusuf Wanandi (kiri).
Sumber :
  • ANTARA Foto

Jakarta - Aktivis yang juga peneliti senior Jusuf Wanandi (JW) mengungkap alasannya mendukung capres nomor urut 2 Prabowo Subianto. Jusuf menulis opini di media massa yang dipimpinnya, The Jakarta Post terkait dukungan ke Prabowo. Menurut dia, RI butuh figur seperti Prabowo untuk masa depan negara.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

 

"Kita membutuhkan seseorang seperti Prabowo demi masa depan negara ini, baik karena alasan strategis maupun ekonomi," tulis JW dalam tulisan opini yang dibagikan kepada awak media dikutip dari tvOnenews, Selasa, 19 Maret 2024.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

Bagi JW, alasan strategis dukung Prabowo karena RI perlu sosok yang bisa memimpin dalam menghadapi banyak tantangan di masa depan. Ia bilang saat ini seperti hidup di masa yang penuh ketidakpastian.

"Sehingga memerlukan strategi yang tepat. Indonesia perlu lebih aktif dan berwawasan ke depan," ujar salah satu pendiri lembaga Center For Strategic and International Studies (CSIS) itu.

Tunggu Majelis Syuro, PKS Akan Tentukan Ikut Koalisi atau jadi Oposisi Lagi

Prabowo Subianto saat nyoblos Pilpres 2024

Photo :
  • AP Photo/Vincent Thian

Dia juga mengungkap alasan lain yaitu mempertimbangkan potensi perekonomian RI yang kini terbesar ke-16 di dunia. Dengan demikian, RI perlu presiden yang punya pandangan luas terhadap situasi global.

Selain itu, RI diharapkan bisa memimpin di tengah negara dengan kekuatan besar lainnya.

"Indonesia harus hadir dan memimpin bersama negara-negara besar lainnya. Di antara ketiga calon presiden, hanya Prabowo yang siap melakukannya karena ia memiliki latar belakang pendidikan serta latar belakang dan pandangan dunia," lanjut JW.

Lebih lanjut, dia menilai keluarga Prabowo selama tiga generasi juga punya andil dalam membangun bangsa RI. Dia mengaku beralih beri dukungan ke Prabowo setelah mendengar komitmennya terkait persatuan dan kesatuan bangsa.

JW meminta semua pihak bisa membantu kepemimpinan Prabowo nanti agar berhasil.

"Tantangannya sangat besar dan kita semua harus melakukan bagian kita di bawah kepemimpinannya. Semoga Tuhan memberkati beliau dan masyarakat Indonesia," tutur JW.

Prabowo yang berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024 sudah unggul versi hitung cepat atau quick count lembaga survei. Untuk penghitungan resmi KPU, publik masih menunggu pengumuman resmi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya