KPU Siap Lanjutkan Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 untuk Maluku dan Jabar

Anggota KPU RI August Mellaz
Sumber :
  • KPU

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan melanjutkan kembali rekapitulasi hasil Pemilu 2024 di tingkat nasional, hari ini, Selasa, 19 Maret 2024. 

Pemicu Guncangan Gempa Garut Terasa ke Wilayah Pesisir Jabar Termasuk Sukabumi

Anggota KPU, August Mellaz mengatakan rencananya rekapitulasi dilanjutkan untuk empat provinsi yakni Jawa Barat (Jabar), Maluku, Papua dan Papua Pegunungan. Namun, baru dua provinsi yang sudah siap melakukan rekapitulasi.

Komisioner KPU RI August Mellaz.

Photo :
  • ANTARA/Firman
Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

"Hari ini kami rencanakan untuk melanjutkan pleno rekapitulasi nasional secara terbuka untuk empat provinsi yang belum. Nah yang jelas dua provinsi hari ini, Jawa Barat sudah di Jakarta, sudah di KPU tinggal nanti dibuka plenonya," kata Mellaz kepada wartawan di Kantor KPU RI.

"Kemudian, untuk Provinsi Maluku sedang dalam perjalanan dari bandara ke Kantor KPU," sambungnya.

Gempa Bumi 6,5 SR Guncang Garut, Terasa Hingga Jabodetabek

Mellaz menyatakan, pihaknya berupaya agar dua provinsi lain yakni Papua dan Papua Pegunungan dapat hadir di Kantor KPU RI malam ini sehingga proses rekapitulasi dapat dirampungkan segera. 

"Kita usahakan, Provinsi Papua dan Papua Pegunungan malam ini bisa hadir di Jakarta," jelas Mellaz.

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA

Lebih lanjut, Mellaz mengatakan jika rekapitulasi tingkat nasional rampung pada malam ini, maka akan dilanjutkan pada proses penetapan hasil Pemilu 2024.

"Kalau proses rekapitulasi nasional untuk hasil pemilu provinsi selesai, maka kita akan masuk ke step berikutnya terkait penetapan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya