Golkar Minta 5 Jatah Menteri, Demokrat Pasrah pada Prabowo

Herman Khaeron
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta - Partai Demokrat menyerahkan penuh kepada presiden terpilih Prabowo Subianto mengenai permintaan lima kursi menteri dari Partai Golkar. Partai Demokrat meyakini Prabowo telah memikirkan komposisi yang pas untuk kabinetnya. 

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

“Saya kira Pak Prabowo sudah punya rumusannya lah, sudah punya rumusannya dan ya sebaiknya memang yang menjadi hak prerogatif presiden, ya, biarkan Pak Prabowo untuk menentukan sikapnya, untuk mengambil keputusannya,” kata Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 19 Maret 2024.

Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Demokrat ini juga optimis Prabowo bijak dalam mengomunikasikan keputusan-keputusan kepada parpol pengusung. 

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

Prabowo Subianto saat nyoblos Pilpres 2024

Photo :
  • AP Photo/Vincent Thian

“Penetapan menteri itu adalah domainnya Presiden. Dan, berapa menteri, kepada partai mana, tentu, itu juga menjadi hak prerogatifnya presiden. Dan ini pasti akan dibicarakan dengan pimpinan partai-partai,” kata Herman.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebelumnya menyebut partainya pantas mendapat lima kursi menteri di Kabinet Prabowo. Menurut Airlangga, partainya memiliki kontribusi besar untuk memenangkan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Airlangga berhitung bahwa semestinya dalam kepemimpinan Prabowo, Golkar mendapat porsi lebih besar dalam kabinet. 

"Karena kami (Golkar) di 15 dari 38 (provinsi), maka kami kontribusi 25 persen. Nah, kalau 25 persen, bagi-bagi banyak sedikit, ya, bolehlah. Kalau yang kami sebut lima itu minimalis," kata Airlangga dalam acara Golkar di Bali, Jumat, 15 Maret.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya