Dito Ariotedjo Sebut Ada Potensi Airlangga Dipilih Lagi secara Aklamasi Jadi Ketua Umum Golkar

Dito Ariotedjo, politikus Partai Golkar yang juga menjabat Menteri Pemuda dan Olah Raga
Sumber :
  • VIVA/B.S Putra

Jakarta - Politikus Partai Golkar Dito Ariotedjo memprediksi ada potensi Airlangga Hartarto terpilih lagi secara aklamasi sebagai ketua umum partai berlambang pohon beringin itu.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Dito menyampaikan spekulasi itu di tengah ramainya perbincangan tentang Jokowi bakal bergabung dan memimpin Partai Golkar.

"Ya, potensi (aklamasi) ada, tapi tetap, Golkar itu partai yang terbuka, semua proses demokrasi bisa dilakukan. Tapi, ya, sementara kita liat bagaimana semangat daerah, kepala daerah, dan voters ini tampaknya mengerucut ingin Bapak Airlangga kembali," ujar Dito kepada wartawan Kantor Staf Presiden, Jakarta, Jumat, 22 Maret 2024.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat konferensi pers usai rapat pleno bersama Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan kader Partai Golkar di kantor pusat Partai Golkar, Jakarta, Minggu, 10 Maret 2024.

Photo :
  • ANTARA/Fath Putra Mulya

Pembicaraan tentang Airlangga digadang kembali menjadi ketua umum Golkar terlihat adanya dukungan internal partai di daerah Bali. Dito pun menyebut dukungan itu melalui surat pernyataan saat pertemuan di Bali.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

"Di internal, percakapan kemarin kan sudah bertemu daerah, dan daerah sih sangat apresiasi dengan Bapak Airlangga. Dan kemarin semua daerah di Bali ada pertemuan, itu menginginkan kembali agar pada Munas Desember untuk kembali maju sebagai ketum Partai Golkar," kata dia. 

Aspirasi dan dukungan internal Golkar di daerah itu pun sudah disampaikan langsung kepada Airlangga. Bahkan pimpinan pusat tidak kuasa untuk mencegah atau membendungnya.

Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR), salah satu organisasi pendiri Partai Golkar, menyerahkan kepada Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar tentang penetapan jadwal Musyawarah Nasional (Munas) Golkar.

Ilustrasi Pemilu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

"Sebagai ormas pendiri yang bernaung di bawah Partai Golkar kami selalu siap saja mendukung, kapan pun diputuskan oleh pak Airlangga Hartarto. Munas itu kapan, kami selalu siap mendukung kepemimpinan beliau," kata Ketua Umum MKGR Adies Kadir di Jakarta, Minggu, 17 Maret.

Hal itu disampaikan Adies saat ditanyakan apakah kemungkinan Munas Golkar yang dijadwalkan pada Desember 2024 dapat dipercepat sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada Oktober 2024.

Dia menegaskan MKGR juga mendukung Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar untuk periode ketiga 2024-2029. Airlangga, menurutnya, telah menunjukkan kinerja dan perhatian sampai dengan Partai Golkar ke tingkat akar rumput

Adies yang juga Wakil Ketua Komisi III DPR itu menegaskan MKGR mendukung calon ketua umum yang sudah terbukti, yang telah memberikan bukti bukan janji dan Airlangga telah memberikan bukti dan memperlihatkan kerja nyata.

"Kami ormas MKGR tegak lurus dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, akan menjadi garda terdepan dalam mengawal seperti dua periode sebelumnya saat maju menjadi ketua umum," katanya, menegaskan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya