PBB Harus Usir Israel dari Gaza jika Tak Patuhi Resolusi Gencatan Senjata, Menurut PKS

Ketua Fraksi PKS di DPR Jazuli Juwaini
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini berharap resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) tentang gencatan senjata di Jalur Gaza selama bulan Ramadhan kali ini harus bisa memaksa Israel untuk mematuhinya.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

"Kita tahu selama ini Israel selalu mengabaikan seluruh resolusi PBB. Resolusi gencatan senjata kali ini harus bisa memaksa Israel mematuhinya," kata Jazuli dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, 27 Maret 2024.

Wakil Presiden Anggota Parlemen Muslim Dunia (IIFP) itu juga berharap resolusi gencatan senjata tersebut bisa dilaksanakan secara konsekuen dengan sanksi dan konsekuensi yang tegas kepada Israel.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Tentara Israel saat melakukan operasi militer di Gaza, Palestina

Photo :
  • AP Photo/Ariel Schalit

"Jika tidak, PBB harus mengeluarkan protokol untuk mengusir paksa Israel dari wilayah Gaza," katanya.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Sebab, kata dia, resolusi DK PBB memiliki instrumen paksa dengan penjatuhan sanksi yang bertujuan menjaga perdamaian dan keamanan.

Sebagaimana Pasal 42 Piagam PBB, kata dia, DK PBB bisa menggunakan kekuatan militer yang diperlukan. Selain itu berdasarkan Pasal 41 Piagam PBB, Israel juga bisa dijatuhi sanksi mencakup pemutusan hubungan ekonomi dan diplomatik apabila tidak patuh.

"Sudah saatnya PBB menunjukkan wibawa untuk menyelesaikan tindakan militer terhadap negara yang melakukan pelanggaran, membentuk pengadilan internasional, menyetujui mandat pasukan penjaga perdamaian, dan menerapkan tindakan pembatasan, pembekuan aset, larangan bepergian, dan larangan penjualan senjata kepada Israel," tuturnya.

VIVA Militer: Tentara Israel di Jalur Gaza, Palestina

Photo :
  • thenationalnews.com

Meski terkesan terlambat, Jazuli berharap resolusi DK PBB itu bisa mengakhiri penderitaan rakyat Palestina di Gaza.

"Sebenarnya resolusi ini sangat terlambat setelah ribuan nyawa warga sipil tak berdosa dibantai oleh Israel di Gaza, namun kita tetap berharap resolusi gencatan senjata ini bisa mengakhiri penderitaan rakyat Gaza," tuturnya

Dia pun sangat berharap dunia internasional tidak lagi berdiam diri dan memberi toleransi atas aksi yang dilancarkan Israel.

Sebaliknya, ujarnya lagi, atas nama kemanusiaan, hak asasi manusia, dan tertib hukum internasional Israel harus diusir paksa dari wilayah pendudukan Gaza.

"Laksanakan gencatan senjata. Setop agresi. Setop pendudukan. Berikan jaminan keselamatan, kedamaian, dan kemerdekaan kepada rakyat Gaza Palestina! No exuse for Israel," ucap Jazuli. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya