Ganjar-Mahfud Tiba di MK untuk Hadiri Sidang Sengketa Hasil Pilpres

Pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Tiba di MK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tiba di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menghadiri sidang perdana perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) atau sengketa Pilpres 2024 yang digelar Rabu, 27 Maret 2024.

Sudahi Kegaduhan terkait Pilpres 2024, Elite Politik Diminta Tiru Sikap Prabowo

Berdasarkan pantauan, Ganjar dan Mahfud tiba pukul 11.50 WIB. Keduanya ditemani oleh tim hukum dari Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud. 

"Saya sampaikan lebih besar lagi harapan kepada proses demokrasi dan demokratisasi, dan bagaimana mimpi negara ini didirikan agar semua bisa taat konstitusi," kata Ganjar.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Usai Berbuka Puasa Bersama di Posko Pemenangan di Jalan Teuku Umar nomor 9

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini juga mengatakan bakal memberikan kata sambutan saat sidang perdana dimulai nantinya. Ia berharap agar seluruh masyarakat dapat melihat proses sidang dan tim hukum TPN bakal menyampaikan permohonan secara detail.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

"Iya, iya. Insya Allah saya dan Pak Mahfud bisa memberikan pengantar di depan. Nanti dari tim hukum akan disampaikan semuanya secara detail," kata dia.

Sebagai informasi, Mahkamah Konstitusi (MK) menjadwalkan sidang perdana perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) atau sengketa Pilpres 2024 hari ini. Dua permohonan sengketa akan diperiksa secara terpisah.

Diketahui, terdapat dua permohonan PHPU Pilpres 2024, diajukan oleh pasangan 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang teregister dengan nomor 1/PHPU.PRES-XXII/2024 dan pasangan 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD tercatat dengan nomor registrasi 2/PHPU.PRES-XXII/2024.

"Persiapan sudah dilakukan, yang pasti di ruang sidang dulu ya, ruang sidang itu kita sudah siapkan rencana persidangan besok [hari ini]," ujar Juru bicara MK, Fajar Laksono pada wartawan di Gedung MK, Jakarta Pusat, Selasa, 26 Maret 2024.

Fajar mengatakan, sidang perdana sengketa Pilpres bakal dimulai pukul 08.00 WIB dengan agenda mendengarkan permohonan dari pemohon paslon 01 Anies-Muhamin. Kemudian pada pukul 13.00 WIB, MK akan menggelar sidang kedua dengan pemohonnya paslon 03 Ganjar-Mahfud.

"Besok [hari ini] kan ada 2 perkara ya, pagi dulu jam 8.00 WIB itu perkara 01 kemudian siang jam 13.00 WIB sampai selesai itu perkara," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya