PDIP Lirik Khofifah di Pilgub Jatim 2024, Bangun Komunikasi dengan Gerindra

Ketua PDIP Jawa Timur Said Abdullah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

Surabaya – PDIP Jawa Timur mulai melakukan penjajakan kepada Khofifah Indar Parawansa untuk diusung di Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024. PDIP bahkan sudah membangun komunikasi dengan beberapa partai politik yang sudah lebih dulu mengeluarkan rekomendasi untuk pencalonan Khofifah.

Dukungan Mayoritas Warga NU Dinilai Tambah Kekuatan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

Ketua DPD PDIP Jatim Said Abdullah mengatakan, pihaknya menaruh atensi kepada Khofifah untuk bersama-sama membangun Jawa Timur lima tahun ke depan. "Jujur saja, kami menaruh respek betul kepada Mbakyu Khofifah dan bagaimana Mbakyu Khofifah memandang kami," katanya di kantor PDIP Jatim di Surabaya, Minggu, 31 Maret 2024.

Khofifah Indar Parawansa

Photo :
  • VIVA.co.id/Edwin Firdaus
Pramono Anung Fokus Selesaikan Masalah di Masyarakat Bawah Seperti KJP dan KJS

Said mengaku sudah berkomunikasi dengan Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN) soal Pilgub Jatim 2024 dan kemungkinan bersama-sama mengusung Khofifah. Gerindra dan PAN sudah mengeluarkan rekomendasi kepada Khofifah sebagai Cagub Jatim. "Baru [komunikasi dengan] dua partai," ujar politikus asal Sumenep?, Madura, itu.

Apakah PDIP mempersiapkan kader untuk dimajukan sebagai bakal calon wakil gubernur bila nanti mendukung Khofifah? Said tak menjawab secara gamblang. Namun, hal yang pasti dia menegaskan bahwa PDIP memiliki banyak stok kader untuk kepentingan itu. "PDIP banyak stok kader," tandasnya.

Blusukan ke Pasar Dukuh Surabaya, Jokowi Dipanggil Mulyono oleh Warga

Sebagaimana diketahui, untuk sementara ini nama Khofifah tak tertandingi di bursa bakal calon Gubernur Jatim 2024, berdasarkan hasil survei berbagai lembaga survei. Ketua Umum PP Muslimat NU itu juga sudah mengantongi rekomendasi dari partai Koalisi Indonesia Maju, yakni Gerindra, PAN, Golkar, dan Demokrat.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Photo :
  • Nur Faishal

Dinamika yang panas nanti adalah soal siapa figur yang akan dipasangkan dengan Khofifah. Masing-masing partai pengusung Khofifah bisa jadi akan mengajukan kader untuk dipasangkan dengan Khofifah, terutama partai besar seperti Gerindra, dan PDIP bila jadi mendukung Khofifah.

Sementara ini, baru Demokrat yang mengeluarkan rekomendasi untuk paket pasangan Pilgub Jatim. Partai besutan Soesilo Bambang Yudhoyono itu ingin duet Khofifah-Emil Dardak dilanjutkan. Sedangkan Gerindra lamat-lamat akan mengajukan cawagub. Sementara ini nama yang mencuat ialah Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya