Pengamat: Pujian Prabowo Sebagai Pengakuan Golkar Paling Berkontribusi dalam Pemenangan Pilpres

Capres pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Jumat, 29 Maret 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta - Presiden RI terpilih Prabowo Subianto menyampaikan terimakasih dan melempar pujian ke Partai Golkar yang masuk barisan pengusungnya di Pilpres 2024. Prabowo berterimakasih ke Golkar yang dianggap berjasa terhadap pemenangannya.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Prabowo memuji Golkar sebagai partai yang berilmu tinggi. Ketua Umum Partai Gerindra itu juga tak sungkan agar minta kadernya di Gerindra agar belajar ke Golkar.

Terkait itu, pengamat politik Dedi Kurnia Syah menganalisa pujian tinggi yang diberikan Prabowo ke Golkar cukup beralasan. Salah satunya karena partai yang dipimpin Airlangga Hartarto itu merupakan parpol pemenang Pileg 2024 dalam Koalisi Indonesia Maju pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

"Sanjungan itu sebagai ekspresi pengakuan bahwa Golkar sebagai pemenang pemilu di koalisi Prabowo-Gibran," kata Dedi, Minggu, 31 Maret 2024.

Prabowo Subianto Rakernas II Partai Golkar

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Dedi menambahkan pujian yang disampaikan Prabowo terhadap Golkar juga dianggapnya sebagai pengakuan bahwa partai berlambang pohon beringin tersebut paling berkontribusi dalam pemenangan Prabowo-Gibran. Ia bilang demikian karena daerah yang dimenangkan Golkar di Pileg juga berimbas terhadap kemenangan Prabowo-Gibran.

"Banyak daerah yang ditaklukkan Golkar dalam pileg juga berhasil dimenangkan pasangan Prabowo-Gibran dalam pilpres. Tentu saja (pengakuan) sebagai partai dengan kontribusi terbesar," jelas Dedi.

Menurut Dedi, Golkar juga dinilainya sebagai partai di koalisi yang paling besar berikan sokongan terhadap pasangan Prabowo-Gibran. Kader dan caleg-caleg Golkar bekerja dengan baik dalam menyakinkan rakyat agar mau menjatuhkan pilihan politiknya kepada Prabowo-Gibran.

"Prestasi tersebut membuat Prabowo berterus terang mengatakan bahwa dirinya membutuhkan Golkar dalam pemerintahannya. Itu karena kerja kampanye (Golkar) yang berhasil," tutur Dedi.

Pun, dia menganalisa sanjungan Prabowo bisa jadi penanda bahwa Gerindra kemungkinan mendukung kader Golkar dalam pemilihan Ketua DPR RI periode 2024-2029.

Dedi juga mempersepsikan cara Prabowo menyanjung bisa jadi jawaban terhadap pernyataan Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto yang ingin agar kader partai yang dipimpinnya dapat jatah 5 kursi menteri di kabinet Prabowo-Gibran.

"Ini juga menandai porsi Golkar akan lebih besar di pemerintahan Prabowo jika memang ditakdirkan," sebut Dedi.

Sebelumnya, Prabowo blak-blakan mengucapkan terima kasih kepada Golkar karena bekerja keras memenangkan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. Prabowo mengaku sudah melihat langsung peran dan kontribusi para tokoh-tokoh Golkar di daerah.

"Saya selalu katakan kepada rekan-rekan saya di Gerindra, bagaimana pun kami harus belajar dari Partai Golkar. Ilmunya banyak. Makanya lebih baik Golkar bersama kami dari pada enggak ada Golkar bersama kita," ujar Prabowo saat menghadiri acara di Kantor DPP Partai Golkar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya