Yusril Pede Kehadiran 4 Menteri di MK Bakal Jadi Bumerang Kubu AMIN dan Ganjar-Mahfud

Yusril Ihza Mahendra, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua Tim Pembela Hukum Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Yusril Ihza Mahendra mengaku senang dengan empat menteri Kabinet Indonesia Maju akan hadir dalam sidang sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta pada Jumat, 5 April 2024.

PPP Bakal Gelar Rapimnas Tentukan Arah Politik, Berani Gak jadi Oposisi Prabowo?

Empat menteri yang dimaksud yakni Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, dan Mensos Tri Rismaharini.

"Kami malah lebih senang lagi karena pihak pemohon satu dan pemohon dua menyarankan supaya dihadirkan menteri-menteri, ya silakan. Kami sudah mendengar empat menteri akan hadir dalam sidang hari Jumat nanti," kata Yusril di Gedung MK, Rabu, 3 April 2024.

Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

Yusril meyakini, kehadiran empat menteri itu malah akan jadi bumerang bagi kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Kita akan lihat apa yang dinarasikan sekarang ini oleh pemohon satu dan pemohon dua justru akan berbalik dengan kehadiran menteri itu," jelas pakar hukum tata negara tersebut.

Partai Gelora Tak Sudi Jika PKS Gabung Prabowo, Begini Penjelasan Fahri Hamzah

Sidang Perselisihan Hasil Pilpres 2024 di MK Hadirkan Saksi dan Ahli KPU Bawaslu

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dalam sidang empat menteri itu, Yusril mengatakan pihaknya akan mendengarkan keterangan dari Mensos Risma yang disebut kubu Ganjar-Mahfud tidak diberikan kesempatan dalam penyaluran bantuan sosial (bansos).

"Nanti kita lihat seperti apa Ibu Risma, menteri sosial yang selama ini mereka anggap tdak diberi kesempatan apa-apa. Besok kita akan lihat karena beliau akan hadir dengan menko, menteri keuangan dan menteri yang lain," ujar Yusril.

Yusril menyinggung posisi DPR yang mesti dilihat juga dalam urusan bansos.

"Kita akan lihat juga bagaimana sikap daripada anggota DPR yang membahas segala hal terkait dengan perdinsos dan yang terkait dengan bansos-bansos itu," lanjut Yusril.

"Saya kira ini persidangan yang menarik dan mudah-mudahan segala fakta segala kebenaran terungkap dalam persidangan ini dengan sejelas-jelasnya," jelas Yusril.

Jokowi Minta 4 Menteri Hadir

Presiden Jokowi buka suara soal empat menteri di kabinet pemerintahannya dipanggil hakim Mahkamah Konstitusi (MK), untuk dimintai keterangan terkait gugatan sengketa Pilpres 2024. Ia bilang empat menterinya itu bakal hadir pada Jumat besok.

“Iya semuanya akan hadir karena diundang oleh MK, semuanya akan hadir hari Jumat,” kata Jokowi di Halim Perdanakusuma pada Rabu, 3 April 2024.

Menurut dia, para pembantunya yang dipanggil Hakim MK tentu akan berikan keterangan sesuai diketahuinya. Sebab, ia tidak memberikan arahan khusus kepada menteri yang dipanggil MK.

“Ya menerangkan apa yang sudah dilakukan masing-masing menteri. Kalau Bu Menteri Keuangan mengenai anggaran seperti apa. Kalau Bu Mensos mengenai bantuan sosial dijelaskan seperti apa. Nanti akan dijelaskan semuanyalah. Ditunggu aja hari Jumat, ya,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya