PAN ke PPP: Akui Dulu Prabowo-Gibran Menang Pilpres Jika Mau Gabung Koalisi

Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta - Ketua DPP PAN, Saleh Partaonan Daulay mengatakan seharusnya PPP lebih dahulu mengakui kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024, jika partai berlambang Ka’bah itu ingin bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM). Dia meminta itu cepat terealisasi, tidak sekedar wacana.

Minta Jangan Bawa Orang Toxic ke Pemerintahan, Luhut Yakin Prabowo Setuju Dengannya

"PPP sebaiknya jangan hanya bicara mau bergabung saja. Tetapi secara deklaratif sebaiknya sudah mengucapkan selamat, mengakui kemenangan pasangan 02. Kalau mau gabung, tentu harus ada pengakuan seperti itu," kata Saleh kepada wartawan Selasa, 16 April 2024.

Ilustrasi/Simpatisan PPP

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Prabowo Belum Pernah Bicara Kabinet, Kata Petinggi Gerindra


Saleh menekankan, pihak-pihak yang berwacana ingin bergabung itu banyak. Akan tetapi, kata dia, deklarasi secara resmi juga diperlukan apabila benar ingin bergabung. Dengan begitu, lanjut Saleh, masyarakat tidak akan mempertanyakan sikap politik PPP saat bergabung dengan Pemerintahan Prabowo-Gibran nanti.

"Pengakuan juga penting. Paling tidak untuk menjaga kohesivitas dan keteduhan di tengah masyarakat," ujar Ketua Fraksi PAN di DPR ini.

Saleh juga menyebut, kubunya tidak akan membuat persyaratan rumit apabila ada partai politik yang ingin bergabung. Menurutnya, KIM lebih percayakan semua keputusan kepada Prabowo-Gibran sebagai pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029.

"Semua harus dipercayakan kepada Prabowo-Gibran. Tentu akan sangat etis jika partai-partai pendukung yang selama ini sudah berjuang diajak bicara, diminta pendapatnya, dirumuskan bagaimana pola kerja sama," imbuhnya.

Juni 2024, PKS Akan Putuskan Sikap Koalisi atau Oposisi Prabowo-Gibran
Kevin Fabiano saat mendaftar sebagai bakal calon Wali Kota Solo melalui DPC PDIP Solo, Rabu, 15 Mei 2024.

Maju Wali Kota Solo, Politisi Muda PDIP Terinspirasi Gibran Rakabuming Raka

Politisi muda Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Kevin Fabiano, resmi mendaftar sebagai bakal calon Wali Kota Solo lewat PDIP. Dia terinspirasi Gibran Rakabuming Raka

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024