PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024

Djarot Saiful Hidayat
Sumber :
  • VIVA/Edwin Firdaus

Jakarta - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Djarot Saiful Hidayat mengungkapkan partainya sedang menjaring bakal calon untuk diusung maju di Pilkada Jakarta 2024. Dia menyebut PDI Perjuangan membuka pintu bagi siapa pun yang ingin mendaftarkan diri.

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

"Untuk urusan pilkada, sekarang kami lagi menjaring. Dengan siapa pun kami terbuka," kata Djarot kepada wartawan Selasa, 16 April 2024.

Plt Ketua DPD PDIP Sumut Djarot Saiful Hidayat

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution
Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Djarot juga mempersilakan siapa pun yang memiliki semangat untuk membangun Jakarta dan memiliki kemampuan serta integritas untuk mendaftarkan diri di kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Dewan Pimpinan Cabang (DPC), maupun Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan.

"Jadi, sekarang prinsipnya pemimpin itu kan berasal dari rakyat, kami jaring dari rakyat. Silakan untuk mendaftarkan diri," ujarnya.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Djarot melanjutkan setelah pendaftaran, PDI Perjuangan bakal menyaring dan mewawancarai calon-calon yang telah mendaftarkan diri.

"Kami membuka pendaftaran. Lalu, setelah itu akan dilakukan penyaringan dan wawancara. Tentu saja masih banyak tokoh-tokoh yang mampu untuk membawa Jakarta menjadi lebih baik," imbuhnya.

Soal peluang Menteri Sosial Tri Rismaharini maju Pilkada Jakarta, Djarot menegaskan PDI Perjuangan mempunyai banyak kader potensial selain Risma.

"Selain Bu Risma, ada banyak tokoh-tokoh potensial baik dari internal maupun eksternal," kata Djarot.

Djarot lantas meminta masyarakat menunggu partainya untuk mengumumkan nama-nama kader yang akan dijagokan di Pilkada Jakarta 2024.

Adapun mengenai Pilkada Jawa Tengah, Djarot menerangkan bahwa Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Bambang Wuryanto atau yang akrab disapa Bambang Pacul tidak berkenan untuk ikut dalam kontestasi tersebut.

"Beliau katanya tidak berkenan," ujarnya.

Djarot mengungkapkan pihaknya juga masih melakukan proses penjaringan bakal calon gubernur, bupati, dan wali kota untuk Pilkada di Jawa Tengah pada 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya