Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis temuan terbarunya terkait dinamika Pemilu 2024. Salah satunya yaitu, tingkat kepuasan publik (approval rating) terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami kenaikan, berada di angka 76,2 persen.

Jokowi Harap Wafatnya Presiden Iran Tak Berdampak pada Harga Minyak Dunia

"Mayoritas responden, 76,2 persen, merasa cukup dan sangat puas dengan kerja Presiden Joko Widodo," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam paparannya secara daring, Kamis, 18 April 2024.

Sementara itu, masyarakat yang merasa cukup puas dengan kinerja Presiden Jokowi sebanyak 62,1 persen dan sebanyak 14,1 persen menyatakan sangat puas.

Respons Jokowi Tak Diundang Rakernas PDIP ke-V

Presiden Jokowi tinjau pembangunan infrastruktur di IKN

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

"Dari approval rating 76,2 persen terhadap Jokowi, sebanyak 62,1 persen responden merasa cukup puas, sementara 14,1 persen menyatakan sangat puas. "Jika ditotal menjadi 76,2 persen," kata dia.

Jokowi Ungkap Isi Obrolannya dengan Puan saat Bertemu di Konferensi World Water Forum

Hanan menyampaikan alasan publik menyatakan puas terhadap kinerja Presiden Jokowi karena pembangunan infrastruktur Indonesia yang baik. Kemudian, kemampuan Jokowi dalam memenuhi harapan publik yang diakui oleh 19,9 persen responden. 

"Ada juga sebanyak 19,5 persen yang puas karena Jokowi kerap memberikan bantuan kepada rakyat kecil,” ucapnya.

Kendati demikian, kata dia, Hanan mengatakan bahwa sebagian kecil masyarakat, sekitar 16,7 persen, merasa kurang puas dengan kinerja Presiden, dengan 6,3 persen menyatakan tidak puas sama sekali.

Jokowi bagi-bagi Bansos di Sulawesi Selatan.

Photo :
  • M Yasir/VIVA.co.id

Survei terbaru LSI dilakukan periode 7-9 April 2024. Sebanyak 1.213 responden dilibatkan dalam survei LSI.

Responden dalam survei merupakan warga negara yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Adapun pemilihan sampel dilakukan dengan metode random digit dialing (RDD) yakni teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Margin of error dalam survei LSI diperkirakan +- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan dengan teknik wawancara terhadap responden lewat telepon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya