PKB Siapkan Calon Saingan Ridwan Kamil di Pilgub Jawa Barat

Syaiful Huda di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyiapkan dua kader untuk pilkada tahun 2024 di wilayah Jawa Barat. Dua kader yang disiapkan PKB itu yakni Wasekjen PKB Syaiful Huda dan Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal.

Kader PDIP Usul Money Politics Dilegalkan, Djarot: Itu Sebetulnya Bentuk Kejengkelan

Hal itu dikatakan langsung oleh Syaiful Huda saat mengikuti acara penjaringan bakal calon kepala daerah sesi Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. 

Huda menjelaskan bahwa dua kader PKB yang sudah disiapkan untuk wilayah Jawa Barat adalah sosok yang bakal menjadi saingan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Diketahui pula, Ridwan Kamil tengah disiapkan Golkar untuk kembali maju sebagai petahana di Pilkada 2024.

KPU: Syarat Dokumen Dharma Pongrekun Nyagub Independen Lengkap, Masuk Tahap Verifikasi

Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda berbicara kepada wartawan di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 2 Maret 2023.

Photo :
  • ANTARA/Melalusa Susthira K.

"PKB Jabar memastikan untuk gubernur akan bikin poros di luar kang Ridwan Kamil. Bukan tandingan lah. Mungkin menjadi kompetitor," ujar Huda kepada wartawan, Kamis 2 Mei 2024.

Sinyal PKB Usung Kiai Marzuki Jadi Penantang Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Dua kader PKB itu dijamin bisa menjadi pesaing untuk kontestasi pilkada serentak tahun 2024 besok. Hal itu lantaran PKB kini mendapat penambahan jumlah kursi DPRD Jawa Barat menjadi 15 kursi dari sebelumnya 12 pada Pilkada 2019. 

Maka itu, PKB hanya butuh tambahan 9 kursi lagi untuk wilayah Jawa Barat. "Prinsipnya, Insya Allah sudah ada kesepakatan PKB akan mengusung calon gubernur. Wakil gubernurnya akan kita serahkan pada partai koalisi yang nanti memastikan bergabung dengan PKB karena butuh 1 tambahan partai koalisi," ujar Huda.

Tetapi, sampai saat ini belum ada kesepakatan resmi dengan partai politik lainnya yang bakal berkoalisi. "Saya belum bisa sampaikan. Yang jelas, PKB Jawa Barat memastikan bisa mengusung poros di luar Kang Ridwan Kamil," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya