PDIP Tak Undang Jokowi di Rakernas, Pengamat: Wajar Kalau Megawati Sangat Marah

Ganjar Pranowo, Jokowi dan Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) tak mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Kerja Nasional atau Rakernas V yang bakal digelar di Beach City International Ancol, Jakarta, pada 24-26 Mei 2024. Langkah PDIP itu dinilai karena memburuknya hubungan dengan Jokowi.

Duet Anies-Kaesang Dianggap Cuma Gimik Politik Ganggu PDIP

Pengamat sekaligus Direktur Rumah Politik Indonesia, Fernando Emas menganalisa tak diundangnya Jokowi dalam Rakernas V PDIP merupakan buntut dari kemarahan sang Ketum Megawati Soekarnoputri.

“Sangat wajar kalau Megawati dan para pengurus PDIP lainnya sangat marah terhadap Jokowi karena perbedaan sikap politik. Dan, perbedaan dukungan pada Pilpres yang lalu,” kata Fernando kepada wartawan, Jumat, 17 Mei 2024.

Terpopuler: Air Mata Faisal Halim Hingga Tekad Ahsan/ Hendra Hancurkan Pramudya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Meresmikan Modeling Kawasan Budi Daya Ikan Nila

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Fernando menilai, saat ini Jokowi sudah tidak dianggap sebagai bagian dari partai berlambang banteng moncong putih. Kata dia, PDIP coba bersikap tegas terhadap Jokowi.

Sentil Jokowi, Perancang Konsep IKN Kecewa Berat Ibu Kota Negara Diserahkan ke Investor

“Sehingga wajar kalau PDIP bersikap tegas terhadap Jokowi yang sudah tidak lagi dianggap sebagai bagian dari PDIP,” lanjut Fernando.

Menurut dia, PDIP sudah menutup pintu untuk Jokowi. Dia bilang, dengan tidak mengundang Jokowi dalam agenda rakernas itu juga menunjukkan sikap perlawanan PDIP ke mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Saya melihat PDI Perjuangan dengan Jokowi memang sudah berpisah akibat perbedaan sikap dan dukungan pada pilpres yang lalu," ujarnya.

Agenda rakernas PDIP nanti mengambil Tema Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang, dan Sub Tema: Kekuatan Persatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya.

Adapun 3 isu yang akan dibahas dalam Rakernas V PDIP yakni sikap di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, strategi menghadapi Pilkada 2024 dan isu kerakyatan.

Dari DPP PDIP sebelumnya juga sudah buka suara terkait alasan tak mengundang Presiden Jokowi. Selain Jokowi, PDIP tak mengundang Wakil Presiden RI Maruf Amin.

Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat menyampaikan alasan pihaknya tak mengundang Jokowi dan Maruf di rakernas. Kata dia, kedua tokoh itu dinilai sedang sibuk dan menyibukkan diri.

"Termasuk juga yang akan diundang. Yang jelas, presiden dan wakil presiden tidak diundang. Kenapa, karena beliau sangat sibuk dan menyibukkan diri," ujar Djarot di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Kamis, 16 Mei 2024

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya