Menlu Akan Dicecar DPR Soal 'Barter Malaysia'

Marty Natalegawa
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa diundang Komisi I yang juga membidangi Luar Negeri DPR. DPR akan meminta penjelasan upaya diplomasi yang dijalankan Kementerian Luar Negeri terkait insiden saling tangkap antarpetugas kedua negara, 13 Agustus lalu.

"Komisi I ingin meminta penjelasan apakah upaya diplomasi itu terkait dengan isu yang berkembang politik barter," kata Ketua Komisi I Mahfudz Siddiq dalam perbincangan dengan VIVAnews, semalam.

Mahfudz ingin mempertanyakan mengenai dugaan adanya barter tiga petugas Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), dengan tujuh orang nelayan Malaysia.

Adapun Wakil Ketua Komisi TB Hasanuddin mengatakan, DPR juga akan mempertanyakan mengenai perlakukan pihak Malaysia kepada tiga petugas KKP itu.

"Dari keterangan yang kami dapatkan, mereka ditempatkan di penjara bersama dengan pelaku kriminal. Ada perlakuan yang seperti itu akan kita tanyakan kepada Pak Marty," kata TB Hasanuddin.

Seperti diketahui, 18 Agustus lalu Indonesia sudah melayangkan protes kepada Malaysia baik untuk penangkapan petugas Indonesia. Jika memang ada kekerasan yang dialami WNI, Indonesia tak segan untuk melayangkan protes kembali.

Tidak hanya itu, pembebasan tiga staf Kementerian WNI itu bisa dilakukan setelah Indonesia membebaskan tujuh nelayan yang jelas melanggar batas wilayah.

Selain itu, Komisi juga ingin mempertanyakan mengenai proses pembahasan batas negara dengan Malaysia baik laut maupun darat.

Selain Epy Kusnandar, Polisi Tangkap Pemain Sinetron Preman Pensiun Lainnya

"Sampai sejauh mana perundingan batas negara dengan Malaysia, supaya masalah seperti ini tidak terjadi kembali," kata Mahfudz.

Sebelumnya, Marty Natalegawa membantah adanya politik barter dalam pembebasan tiga staf WNI itu.

Ibunya Kabur, Begini Nasib Gibran Bocah yang Viral Nangis Kelaparan di Bogor

"Saya tidak pernah menggunakan istilah barter," kata Marty di kantor Kementerian Luar Negeri, Rabu 18 Agustus 2010. "Itu (barter) penilaian orang saja," kata dia. (umi)

Rizky Febian dan Mahalini

Menikah, Rizky Febian dan Mahalini Dapet Karangan Bunga dari Jokowi

Presiden Jokowi mengirim karangan bunga ucapan selamat berbahagia kepada pasangan pengantin baru, Rizky Febian dan Mahalini. Diketahui, keduanya menikah pada hari ini.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024