PPP: Timur Harus Klarifikasi Soal Ormas

Irjen Pol. Timur Pradopo
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Fraksi Partai Persatuan Pembangunan menilai calon Kepala Kepolisian Komisaris Jenderal Timur Pradopo memiliki kualifikasi yang memadai. Timur berkompeten dilihat dari kesinambungan generasi, integritas, pengalaman teritorial dan kepemimpinan.

Namun sikap resmi FPPP apakah setuju atau tidak Timur sebagai Kapolri baru akan ditentukan setelah fit and proper test di Dewan Perwakilan Rakyat.

Sekretaris Fraksi PPP M Romahurmuzi mengungkapkan masih ada catatan yang perlu diklarifikasi terkait dengan tanggung jawab dan kewenangan yang bersangkutan saat terjadinya pelanggaran HAM Semanggi-Trisakti.

Setelah Sebulan, Jenazah Terakhir Korban Runtuhnya Jembatan Baltimore Ditemukan

"Bagaimana rencana yang bersangkutan mengelola hubungan Polri dengan lembaga/ ormas keagamaan yang menjadi isu sentral hubungan Polri-Umat Islam 10 tahun terakhir terkait isu terorisme dan kekerasan atas nama agama," ujar Romy secara tertulis ke VIVAnews, Senin 11 Oktober 2010.

Timur Pradopo merupakan Kepala Kepolisian Jakarta Barat saat terjadi kerusuhan di Semanggi dan Trisakti pada 1998-1999. Belakangan Timur juga memunculkan kontroversi dengan menyatakan, FPI bisa membantu keamanan, padahal beberapa waktu belakangan ini FPI muncul menjadi berita karena keributan dengan jamaah Ahmadiyah dan Huria Kristen Batak Protestan.

Hari ini, Komisi III DPR yang membidangi hukum akan rapat menentukan jadwal fit and proper test pengganti Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri. Komisi III kemungkinan akan menggelar uji kelayakan Timur pada pekan ini juga. DPR harus segera menentukan sikap atas Timur karena akhir bulan ini, Hendarso Danuri sudah memasuki masa pensiun. (hs)

OTT KPK Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba

Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba Resmi Jadi Tersangka TPPU

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba (AGK) sebagai tersangka Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU)

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024