Survei LSI: Kepuasan Pada SBY Terus Menurun

Presiden SBY
Sumber :
  • Abror Rizky/Biro Pers Istana

VIVAnews - Survei nasional terbaru yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia menemukan bahwa tren kepuasan publik terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono cenderung menurun pada 2010 dibanding tahun sebelumnya.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Direktur Eksekutif LSI, Dodi Ambardi menjelaskan, bulan Juli 2009 tingkat kepuasan pada SBY mencapai 85 persen, namun angka ini terus menurun sehingga Oktober 2010 menjadi 62 persen.

"Memang ada sedikit kenaikan tingkat kepuasan publik atas kinerja SBY dari Oktober (62 persen) sampai Desember (63 persen) tahun 2010, tetapi secara umum trennya cenderung menurun dan stagnan pada 2010," kata Dodi dalam acara rilis hasil survei terbaru di kantor LSI, Menteng, Jakarta, Kamis 6 Desember 2010.

Adapun tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Wakil Presiden Boediono juga berfluktuasi sejak mulai menjabat hingga Desember 2010, yakni berkisar 49-53 persen.

Hal ini, tambah Dodi, agaknya berkaitan dengan menurunnya persespi publik atas kondisi politik, penegakan hukum, dan kondisi ekonomi yang juga cenderung mengalami penurunan. Menurut Dodi, korelasi antara persepsi publik atas kondisi politik, penegakan hukum, dan ekonomi sangat kuat dan signifikan.

"Dengan kata lain, semakin negatif evaluasi mereka atas kondisi-kondisi politik, hukum, dan ekonomi, maka akan semakin rendah tingkat kepuasan mereka atas kinerja SBY, demikian pula sebaliknya," kata Dodi.

Survei ini dilakukan pada 18-30 Desember 2010, mengambil sampel 1.229 responden yang tersebar di seluruh indonesia. Metode survei adalah wawancara tatap muka. Profil sampel tak berbeda jauh dengan Badan Pusat Statistik. Margin error diperkirakan 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Juru Bicara Presiden, Julian Pasha, sedang menghadiri rapat kabinet, sehingga belum bisa dimintai konfirmasi soal hasil survei ini.

Namun, menurut Ruhut Sitompul, Juru Bicara Partai Demokrat, ketidakpuasan itu sebenarnya untuk pemerintahan secara keseluruhan. "Di pemerintahan itu ada menteri-menteri. Beberapa menteri itu yang turun, Pak SBY jelas tak turun," kata Ruhut mengomentari hasil survei itu.

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali
Ghea Indrawari

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari

Namun di usianya sekarang ini, Ghea Indrawari merasa masih ada banyak hal yang perlu ia lakukan sendiri termasuk mengejar kariernya di industri hiburan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024