RUU Keistimewaan Yogyakarta

Dukung Penetapan, DPRD Bantul Temui DPR

Sidang rakyat Bantul untuk penetapan jabatan Gubernur DIY
Sumber :
  • VIVAnews

VIVAnews - Pemerintah Kabupaten Bantul dan DPRD Kabupaten Bantul berencana berangkat ke Jakarta untuk menemui pimpinan DPR untuk menyampaikan aspirasi masyarakat Kabupaten Bantul tentang mekanisme pengisian jabatan gubernur dan wakil gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Mereka akan membawa hasil rapat paripurna DPRD setempat yang berisi dukungan agar Gubernur DIY diangkat melalui mekanisme penetapan.

Dalam sidang paripurna istimewa yang digelar di gedung DPRD Bantul beberapa waktu lalu, enam fraksi menyatakan setuju mekanisme penetapan, sedangkan satu fraksi, yakni Partai Demokrat, tidak bersikap.

"Kami akan menyerahkan hasil sidang paripurna DPRD Kabupaten Bantul kepada pimpinan DPR serta melakukan audiensi terkait dengan aspirasi masyarakat Bantul," kata Bambang Legowo, Kepala Humas dan Informasi Pemkab Bantul, DIY, Minggu, 9 Januari 2011.

Pemerintah dan DPRD Kabupaten Bantul dijanjikan bertemu dengan pimpinan DPR pada Selasa mendatang, 11 Januari. "Yang berangkat di antaranya Wakil Bupati Bantul, Sumarno PRS, serta beberapa pimpinan Satuan Kerja Pemerintah Daerah," katanya.

Diharapkan, penyerahan hasil sidang paripurna ini akan jadi masukan bagi anggota DPR RI dalam membahas Rancangan Undang-undang Keistimewaan DIY. "Dalam peryataan sikap DPRD Bantul tersebut terkandung tekad untuk mempertahankan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai daerah istimewa dalam bingkai dan sistem pemerintahan NKRI. Selanjutnya juga mengusulkan pengisian jabatan gubernur dan wakil gubernur DIY melalui mekanisme penetapan," kata Bambang.

Sebagian Besar Jakarta Cerah Berawan Pagi Hari Ini

Agus Subagyo, Ketua Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Bantul menyatakan penyampaian hasil rapat paripurna dengan agenda mekanisme pengisian jabatan gubernur dan wakil gubernur DIY kepada pimpinan DPR sudah menjadi agenda dan keputusan pimpinan DPRD Kabupaten Bantul. "Kami berharap aspirasi dari masyarakat Bantul ini menjadi pertimbangan komisi II dalam membahas RUUK DIY," ujarnya singkat. (Laporan Juna Sanbawa, Yogyakarta | kd)

Pembalap Repsol Honda, Luca Marini

Ibarat Lagi Turing, Pembalap Honda Luca Marini Jadi Sweeper Terus di MotoGP

Pembalap Repsol Honda, Luca Marini masih belum meraih poin dan setiap balapan MotoGP selalu berada di posisi belakan, seperti sweeper saat turing. Capaian buruk untuknya.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024