Bibit dan Chandra Kembali ke DPR

Bibit dan Chandra Jadi Saksi Anggodo
Sumber :
  • Antara/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diundang kembali dalam rapat ke DPR. Tapi kali ini, KPK bukan diundang rapat ke Komisi III bidang Hukum yang sempat 'mengusir' dua pimpin Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah.

"Rencananya rapat Panwas Century," kata Wakil Ketua KPK Bidang Penindakan Chandra M Hamzah saat berbincang dengan VIVAnews.com, semalam.

Apakah Chandra dan Bibit akan hadir dalam rapat dengan Panwas Century DPR? "Yang diundang kan KPK. Ya insya Allah datang," kata Chandra.

Senin 31 Januari kemarin, Komisi III melalui rapat internal telah menggunakan mekanisme voting memutuskan untuk menolak kehadiran Chandra M Hamzah dan Bibit Samad Rianto dalam rapat-rapat yang digelar.

Alasan Komisi III karena dua pimpinan KPK itu masih berstatus tersangka. Deponir atau pengesampingan perkara atas dua pimpinan KPK itu dinilai hanya sekedar pengenyampingan perkara dan langkah penyelamatan secara politik.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Fraksi yang menerima kehadiran Bibit dan Chandra itu yakni Demokrat, PKB, dan PAN. Sedangkan fraksi lainnya menolak kehadiran Bibit dan Chandra.

Anggota Fraksi Komisi III bidang Hukum DPR dari Fraksi Demokrat Saan Mustopa menyesalkan hasil kesepakatan itu. "Bagi kami (Demokrat) ketika Kejaksaan sudah memberikan deponeering, persoalan Bibit dan Chandra itu sudah selesai," kata Saan kemarin.

Sementara, anggota Komisi III dari Fraksi PDI Perjuangan Topane Gayus Lumbuun menampik anggapan penolakan Bibit dan Chandra lantaran ingin membalas KPK. Karena KPK telah menahan 19 politisi dalam kasus dugaan suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. Sebanyak 14 diantaranya merupakan politisi PDIP.

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

"Tidak ada kaitan," kata Lumbuun. "Bukan. Bukan karena kami mendapatkan sebuah tindakan. Ini hanya soal keikutsertaan dua pimpinan KPK yang bermasalah," bantah Lumbuun.

Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024