Kasus Bank Century

Wakil Ketua DPR Prihatin Tuntutan Ibu Alanda

Alanda Kariza, ibu (Arga Tirta Kirana), ayah, dan kedua adiknya
Sumber :
  • http://alandakariza.com

VIVAnews - Tulisan blog seorang mahasiswa yang juga penulis buku, Alanda Kariza, menjadi tema perbincangan hangat di dunia maya. Ibu Alanda, Arga Tirta Kirana, menjadi salah satu tersangka kasus Bank Century. Tuntutan 10 tahun penjara dan denda Rp10 miliar kepada Arga yang lebih besar yang diterima bos Century, Robert Tantular, menjadi perhatian publik. Termasuk pimpinan DPR.

"Ini kan belum vonis, tapi itu sudah memprihatinkan," kata Wakil Ketua DPR Anis Matta usai rapat internal Tim Pengawas kasus Century di gedung DPR, Jakarta, Rabu 9 Februari 2011.

Menurut Anis, Arga Tirta Kirana, adalah seorang karyawan biasa yang tidak memiliki kewenangan besar di Bank Century. Anis pun menduga, Arga hanya seorang karyawan yang kebijakannya tidak banyak menentukan arah kebijakan Bank Century.

Yang lebih memprihatinkan, Robert Tantular cuma dituntut 8 tahun penjara. Hanya saja denda terhadap Robert lebih besar, yakni Rp50 miliar dan subsider lima bulan kurungan.

Dalam kasus Robert Tantular, Mahkamah Agung memperberat putusannya menjadi sembilan tahun penjara. Hukuman ini lebih berat dibanding vonis di tingkat Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, yang menghukum lima tahun penjara. Sedangkan di tingkat Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Robert divonis 4 tahun penjara.

"Artinya, itu dilihat dari peran Robert Tantular yang awalnya 8 tahun, itu sudah sangat memprihatinkan," ujar Anis yang juga Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini. (umi)

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran
Ilustrasi keamanan siber.

Jika Lolos Tes Ini, Keamanan Siber Bank di Indonesia Sudah Tangguh

Empat dari sepuluh bank terbesar di Indonesia menaruh kepercayaan kepada Spentera perihal keamanan siber.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024