SBY 'Khawatir' Dianggap Bohong Lagi

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) jumpa pers soal KPK
Sumber :

VIVAnews - Sejumlah tokoh agama beberapa waktu lalu pernah melontarkan pernyataan bahwa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berbohong. Kritikan ini seperti masih 'terngiang' di telinga SBY, sehingga ia  menyatakan tidak berbohong saat memberikan pemaparan mengenai program kerja Pemerintah.

Pernyataan tidak berbohong tersebut setidaknya diungkapkan SBY dua kali dalam Rapat Kerja Kabinet dan Gubernur di Istana Bogor, Jawa Barat, saat memberikan paparan tentang program prioritas pemerintah, yaitu ketersediaan pangan, masalah pengangguran, dan transportasi Jakarta.

Pertama, saat SBY memaparkan rancangan (masterplan) pemerintah dalam hal mengurangi kemiskinan. Rancangan inilah yang nantinya dijadikan patokan pemerintah dalam melaksanakan program mengurangi kemiskinan.

"Kalau wartawan ada di sini, jangan dibilang nanti kalau ada perubahan dianggap kebohongan publik. Ini rencana yang akan kami matangkan bersama, dengan demikian pasti ada modifikasi," kata SBY.

Kedua, saat SBY menargetkan surplus beras minimal 10 juta ton pertahun. Pemerintah pun kemudian menyiapkan sejumlah program kerja dan pengembangan, berikut dana yang disiapkan.

Namun, SBY tidak menyebut dana yang disiapkan. Ini dilakukan karena Presdien khawatir dikatakan berbohong apabila realisasinya berbeda dengan yang disebut dalam paparannya.

"Tentu perlu anggaran tambahan, sekian triliun pertahun. Saya sudah punya angkanya, tapi saya khawatir kalau saya sampaikan sekarang nanti ada perubahan-perubahan. Lagi-lagi dianggap sebagai kebohongan, padahal ini rencana," ucap SBY.

Kritik pemerintah bohong itu dilontarkan tokoh-tokoh agama pada 10 Januari 2011 lalu. Pemerintah pun risau dituding berbohong. Akhirnya, Presiden mengundang sejumlah tokoh agama ke Istana.

Keberangkatan 7 Calon Jemaah Haji Kabupaten Tangerang Tertunda
Rizky Febian dan Mahalini

Segera Nikahi Mahalini, Video Rizky Febian Viral Ngaku Lupa Minta Pasangan Seagama dalam Doa

Mahalini dan Rizky Febian diketahui memulai hubungan romantis sejak tahun 2022. Selama 2 tahun berpacaran, mereka melanjutkan hubungan dengan keyakinan agama yang berbeda

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024