Laporan VIVAnews dari Beijing

Golkar Pererat Kerjasama dengan Parpol China

Kunjungan Aburizal Bakrie ke China
Sumber :
  • Dian Widiyanarko

VIVAnews – Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie beserta sejumlah delegasi DPP Partai Golkar hari ini mengadakan pertemuan dengan petinggi Partai Komunis Tiongkok (PKT) di Beijing. Selain untuk memenuhi undangan PRT, kunjungan Golkar ini juga dimanfaatkan untuk mempererat kerjasama baik antara dua partai maupun antara Indonesia dan RRC.

“Kita memenuhi undangan mereka dan kita akan detailkan peluang kerjasama yang MoUnya sudah kita buat tahun 2008 lalu,” kata Aburizal Bakrie yang akrab dipanggil Ical di sela rangkaian kunjungan ke PKT, di Beijing, Selasa, 19 April 2011.

Rangkaian kunjungan diawali dengan mengunjungi pusat komunitas Islam atau Komunitas Jalan Sapi di Beijing yang juga dibina PKT. Selanjutnya Ical bertemu dengan Wakil Menteri Departemen Organisasi PKT Huang Qin Feng dilanjutkan dengan kunjungan ke Sekolah Pusat PKT. Pertemuan hari ini diakhiri dengan mengunjungi biro luar negeri PKT.

Dalam kunjungan itu, Ical didampingi oleh para petinggi Partai Golkar antara lain Theo L Sambuaga, Setya Novanto, Agus Gumiwang Kartasasmita, Iris Indira Murti, Happy Bone Zulkarnaen, dan Rizal Mallarangeng.

Menurut Ical, kedua partai akan merancang kerjasama khususnya dalam pendidikan kader dan keorganisasian. Meski secara ideologi kedua partai sangat berbeda, namun tata kelola partai modern bisa saling dipelajari.

“Kita tidak hanya dengan Tiongkok saja, dengan negara lain seperti India, Australia, dan lain sebagainya juga ada nota kesepahaman (MoU),” jelasnya.

Ical juga akan mengusulkan agar nantinya muncul program pertukaran kader antar dua partai untuk saling belajar. Nantinya jika disetujui akan dilakukan pertukaran 10 kader tiap partai.

Selain itu, Partai Golkar juga berharap kerjasama kedua partai akan menyangkut masalah strategis kedua bangsa. Misalnya, upaya optimalisasi potensi ekonomi kedua bangsa.

“Ini tidak hanya soal memperluas jaringan luar negeri dan kaderisasi saja, tapi juga membahas soal investasi, perdagangan, dan sebagainya. Intinya bagaimana peluang kerjasama menguntungkan kedua bangsa,” tuturnya.

MoU Partai Golkar dan PKT ditandatangani pada 2008 oleh Ketua Korbid Hublu-Hankam Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri Departemen Internasional Komite Pusat PKT Wang Jiarui.

Rencananya besok, Ical beserta rombongan juga akan mengadakan pertemuan dengan Wakil Presiden Xi Jinpin, yang merupakan calon kuat untuk menggantikan Presiden Hu Jintao dua tahun mendatang. (sj)

(Laporan Dian Widiyanarko/Beijing)

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea
Bakal calon bupati Ebert Ganggut didampingi tokoh adat mendaftar ke PAN

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

Pendaftaran bakal calon kepala daerah (bacakada) di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur kental nuansa adat. Menyerahkan sebotol tuak dan ayam jago

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024