Syamsul Muarif: Bedakan Ormas & Partai Nasdem

Nasional Demokrat
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews --Sekjen Nasional Demokrat, Syamsul Muarif menegaskan bahwa ormasnya tidak akan bermetamorfosa menjadi partai politik.  “Ormas Nasional Demokrat tidak akan berubah menjadi partai politik,” tegas dia dalam konferensi pers di kantor Nasional Demokrat, Jakarta, Jumat 8 Juli 2011.

Soal adanya Partai Nasdem yang muncul dari salah satu anggota ormas Nasional Demokrat, baginya hal itu sudah masuk wilayah lain. “Saya tidak bisa komentar itu, tanyakan pada mereka saja,” jawabnya.

Menurutnya, antara ormas Nasional Demokrat dengan Partai Nasdem jelas berbeda. Jadi jangan disamakan maupun diidentikkan. “Kami tak pernah bahas proses Partai Nasdem,” paparnya. Jika Ormas Nasional demokrat membahas Partai Nasdem berarti Ormas Nasional Demokrat ikut melahirkannya.

Dirinya mengakui bahwa ada unsur dari Nasional Demokrat yang tidak puas hanya sebatas menjadi ormas. Karena ormas tidak dapat melakukan perubahan politik. “Ada teman yang beranggapan demikian, kemudian mendirikan partai Nasdem,” paparnya.

Sejatinya, sikap Ormas Nasional Demokrat sudah jelas dalam Rapimnas I beberapa waktu lalu, yang berkesimpulan tetap menjadi ormas. “Kita mengerti politik, tapi tidak akan berpolitik praktis,” jelasnya.

Sebelumnya, deklarator sekaligus Ketua Dewan Pertimbangan Nasdem, Sri Sultan Hamengku Buwono X, membuat pernyataan mengejutkan dengan mengundurkan diri dari Nasdem yang ia dirikan bersama Surya Paloh. “Bagi saya, tidak ada kesepakatan Nasdem jadi partai. Jadi saya tidak mau,” kata Sultan di Yogyakarta, Kamis, 7 Juli 2011 kemarin.

Sultan sendiri sampai saat ini tercatat sebagai politisi senior Golkar. Ia dan Surya Paloh sama-sama duduk sebagai Dewan Penasehat Partai Golkar pada kepengurusan Golkar periode lalu.

Baru-baru ini, sebuah parpol baru bernama ‘Nasional Demokrat’ memang mendaftar verifikasi partai politik di Kementerian Hukum dan HAM. Partai itu memiliki logo yang nyaris identik dengan ormas Nasdem. Ketua Umum Partai Nasdem, Patrice Rio Capello, juga menjabat sebagai Wasekjen Kaderisasi ormas Nasdem.

Momen Pratama Arhan Peluk Mesra Azizah Salsha Usai Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U-23
NewJeans

Min Hee Jin dari ADOR Ngaku Konsultasi dengan Dukun Tentang BTS

Semua mata tertuju pada ADOR dan HYBE saat Min Hee Jin menyerukan konferensi pers pada 25 April. Min Hee Jin mengaku berkonsultasi dengan dukun tentang BTS.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024