Soal Ambang Parlemen, Demokrat Akomodatif

Anas Urbaningrum
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menyatakan partainya akomodatif dalam perdebatan soal ambang parlemen. Saat ini, kata Anas, usulan ambang parlemen berada di dua titik ekstrem, 2,5 persen dan 5 persen.

"Ada yang usul tiga persen, ada yang usul tetap 2,5 persen, ada yang usul 4 persen dan usul 5 persen," kata Anas di Bogor, Senin 18 Juli 2011. "Kalau dirangkum kan jadi satu kalimat, 2,5 sampai 5 persen, kan begitu," katanya.

Dan sikap Demokrat, kata Anas, berada di tengah-tengah. "Kami akomodatif. Kami usul 4 persen itu karena kami ingin akomodatif, ada kenaikan kelas tetapi moderat. Moderat itu makna politiknya kan akomodatif," kata Anas.

Dan Anas yakin, partai-partai peserta koalisi seperti Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Keadilan Sejahtera bisa melewati angka 4 persen itu. "Yakin bukan hanya yakin, saya ikut berdoa," kata Anas.

Besok, paripurna DPR akan membahas ambang parlemen yang masuk dalam revisi Undang-undang Pemilu ini. Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menyatakan, pembahasan ini tidak akan sampai pada pemungutan suara.

OJK Sebut Transaksi Kripto Capai Rp 158,84 Triliun per Maret 2024
Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak

Dalam Kekuatan Terbaik, Persib Bandung Pede Jungkalkan Bali United

Duel seru akan tersaji dalam laga leg pertama semifinal championship series Liga 1 antara Persib Bandung melawan Bali United.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024