Amandemen UUD 1945 Ditarget Sebelum 2014

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima usulan perubahan Undang-Undang Dasar 1945 dalam rapat konsultasi dengan Dewan Perwakilan Daerah.

"Posisi saya ketika menerima itu, pemerintah akan mengkaji," kata SBY usai rapat konsultasi dengan DPD di Istana Negara, Jakarta, Selasa 26 Juli 2011.

Menurut SBY, sebagai seorang presiden, sikapnya selalu konsisten dalam hal perubahan UUD 1945 ini. "Selalu dimungkinkan untuk dilakukan perubahan, kecuali pembukaan UUD 1945," kata dia.

SBY mengatakan, kandungan UUD menyesuaikan zaman dan keperluan kehidupan bernegara. Dia menambahkan, dalam lima tahun pertama masa jabatannya tidak ada perubahan apapun terhadap UUD 1945.

Meski demikian, lanjut dia, sebuah konstitusi tidak baik terus ada perubahan. "Karena akan berpengaruh pada kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Menurut SBY, perubahan UUD itu menyangkut hal-hal yang masih dirasa belum tepat dan valid untuk dipertahankan. "Saya selalu terbuka pada pandangan dan pikiran dalam masyarakat luas," kata dia.

SBY mengaku, selama ini dirinya telah banyak menerima masukan terkait landasan konstitusi tersebut. "Ada yang ingin kembali ke UUD 1945, ada yang sudah begini saja, ada yang juga perlu dimantapkan sekali lagi," kata dia.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Daerah, Irman Gusman menambahkan target perubahan UUD 1945 sebelum 20014 mendatang. Namun dalam usulan amandemen ini tidak disebutkan soal masa jabatan Presiden. "Oh tidak, itu kan sudah ga ada," kata dia.

Menurut Irman, aspek krusial dalam UUD yang krusial itu adalah sistem presidensial. Menurut dia, sistem itu harus dipertegas. "Kewenangan DPR dan DPD itu dalam legislasi diperkuat, sehingga presiden itu hanya veto, itu contohnya," kata dia.

Termasuk, kata Irman soal penguatan sistem perwakilan daerah. "Check and balance di lembaga-lembaga parlemen itu," ucapnya. (umi)

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel
Secret Ingredient Viu

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

Berperan sebagai Chef Arif, Nicholas Saputra sedikit banyak juga harus mempelajari soal dunia dapur sebelum memulai syuting.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024