Ramadhan: Selama Masih Ada SBY, Demokrat Aman

Wakil Sekjen Partai Demokrat, Ramadhan Pohan
Sumber :
  • Facebook Ramadhan Pohan

VIVAnews - Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat, Ramadhan Pohan mengakui bahwa kasus Nazaruddin telah menimbulkan masalah tersendiri di internal partai.

Namun Ramadhan meminta agar semua pihak menyadari bahwa Partai Demokrat melakukan upaya positif untuk memperbaiki diri dengan memberhentikan kader bermasalah dari keanggotaan partai.

"Tak bisa dipungkiri kami menghadapi masalah. Tapi juga tak bisa dipungkiri bagaimana Demokrat sangat ingin menyelesaikan masalah yang menghinggapinya ini," ujar Ramadhan dalam diskusi di Charta Politika, Jakarta, Selasa 23 Agustus 2011.

Untuk melakukan upaya bersih-bersih dari kader bermasalah di internal partai itu, lanjut Ramadhan, ada struktur tersendiri yang melakukannya.  Seperti Dewan Kehormatan, yang terus melakukan pengawasan terhadap kader. "Ada mekanisme internal partai kami yang sudah bekerja," imbuhnya.

"Apa upaya yang kami lakukan, publik nanti silahkan menilai. Apakah langkah pembersihan yang dilakukan partai Demokrat benar  efektif atau tidak," tambah Ramadhan.

Serangan pemberitaan yang negatif terhadap Demokrat karena munculnya kasus Nazaruddin, menurut Ramadhan, tidak membuat kader-kader Demokrat khawatir. Bahwa itu bakal menggerus kepercayaan masyarakat dan menjatuhkan suara Demokrat di 2014.

"Kami tidak khawatir dengan sorotan publik yang tinggi terhadap kasus Nazaruddin ini. Publik akan bisa secara cerdas menilai yang mana kasus individual dan yang mana institusional partai Demokrat," kata Ramadhan.

Proses hukum yang dilakukan oleh KPK saat ini, menurut Ramadhan, sama sekali tidak terkait dengan partai Demokrat. "Yang korup bukan partai kok, tapi yang korup itu individual tertentu. Itu sebabnya kami tidak khawatir," ucapnya.

Hasil rakornas bulan Juli 2011 lalu, lanjut Ramadhan, juga sudah merumuskan langkah untuk membuat Demokrat tetap bisa meraih simpati dan kepercayaan publik.

"Kehadiran kami harus dirasakan masyarakat, kerja kami di parlemen juga harus bagus. Kemudian juga bagaimana agar program pemerintah yang pro rakyat bisa berjalan baik. Itu sudah cukup. Silahkan nanti di 2014 jika masyarakat masih percaya kami atau tidak, biar masyarakat sendiri yang menentukan," kata Ramadhan.

Demokrat, kata Ramadhan akan tetap mampu keluar dari belenggu masalah politiknya akibat kasus Nazaruddin seperti sekarang ini, selama SBY masih tampil di depan memimpin langkah dan gerak partai. "Sepanjang Pak SBY masih di sana (Demokrat), saya optimistis partai masih akan tetap aman," kata Ramadhan.

Selain itu, lanjut Ramadhan, kader partainya masih optimis bahwa Demokrat akan mampu keluar dari masalah akibat kasus Nazaruddin karena masih punya cukup waktu.

"Kalau masalah ini (kasus Nazaruddin) terjadi di penghujung 2013, kami pasti nyungsep. Tapi lihatlah, Tuhan masih sangat sayang pada partai Demokrat, ini terjadi pada paruh pertama 2011. Jadi kami masih punya cukup waktu untuk menyelesaikan ini," kata Ramadhan.

Ledakan Terjadi di PT San Xiong Steel Lampung, 3 Karyawan Alami Luka Bakar
Miss Universe Indonesia 2023, Fabienne Nicole

Miss Universe Indonesia 2023, Fabienne Nicole Ceritakan Pengalaman Pertama Lewat Cinta yang Salah

Selain memiliki minat dalam olahraga beladiri seperti Boxing dan Muay Thai, kini Fabienne Nicole memilih untuk menjelajahi industri musik sebagai seorang penyanyi.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024