Citra Politisi Turun, Ini Siasat Ketua DPR

Ketua DPR Marzuki Alie pimpin rapat bahas proyek gedung
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie mengaku telah menyiapkan beberapa langkah untuk mendongkrak citra politisi di mata publik. Sebelumnya, sebuah lembaga riset memaparkan hasil survei yang menyebutkan citra politisi saat ini menurun.

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

"Pertama misalnya soal rumah aspirasi, kehumasan, mekanisme di dalam pengaduan masyarakat," kata Marzuki menjabarkan strateginya di Istana Presiden, Senin 3 Oktober 2011.

Marzuki menargetkan, rumah aspirasi tersebut dapat diwujudkan tahun depan. "Agar ada kedekatan antar anggota dewan dengan masyarakat yang memilihnya," kata Marzuki. Marzuki berpendapat rumah aspirasi tersebut bisa menaikkan tingkat kepercayaan publik terhadap politisi.

Saat ini, imbuh politisi Partai Demokrat itu, masing-masing legislator punya rumah aspirasi sendiri-sendiri. Akibatnya, anggota DPR malah saling berkompetisi dalam memperjuangkan aspirasi. "Jadi muncullah kasus-kasus seperti sekarang ini."

Dengan menyatunya rumah aspirasi, Marzuki yakin tidak akan terjadi kompetisi dari para anggota DPR. "Di sana itu tidak ada bicara partai, perorangan. Di sana bicara antarfraksi," jelasnya.

Sebelumnya, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyatakan citra positif politisi di mata masyarakat hancur dan merosot drastis.

Selama enam tahun sejak survei yang sama dilangsungkan pada tahun 2005, LSI menemukan penurunan mencapai angka 21 persen.

LSI mencatat tahun 2011 ini, hanya 23,4 persen yang menganggap positif citra politisi. Sisanya, sebanyak 51,3 persen menyatakan buruk atau sangat buruk dan 25,3 persen memilih tidak tahu atau tidak menjawab. Di tahun 2005, 44,2 persen responden menilai kerja politisi masih relatif baik. (eh)

Bakal calon bupati Ebert Ganggut didampingi tokoh adat mendaftar ke PAN

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

Pendaftaran bakal calon kepala daerah (bacakada) di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur kental nuansa adat. Menyerahkan sebotol tuak dan ayam jago

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024