Hatta: Wakil Menteri Tak Bebani Anggaran

Hatta Rajasa
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunjuk 13 orang calon Wakil Menteri. Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri sudah mengkritik penambahan Wakil Menteri yang dinilai akan membebani APBN.

Tetapi, menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, penambahan Wakil Menteri tidak akan membebani anggaran kabinet. Hatta menegaskan, posisi Wakil Menteri itu sudah diatur dalam undang-undang.

Hatta mengatakan, Undang-Undang memperbolehkan adanya posisi Wakil Menteri apabila memang diperlukan. "Wamen bukanlah anggota kabinet. Jadi kalau dikatakan ada pembengkakan kabinet, itu tidak benar sama sekali," kata Hatta di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu 16 Oktober 2011.

Tampilan Baru WhatsApp

Status PNS

Hatta juga membahtah penambahan Wakil Menteri akan membebani anggaran. "Itu juga tidak betul karena mereka itu PNS. Ada gajinya, pejabat eselon I. Sama saja," kata menteri yang juga Ketua Umum PAN ini.

Hatta menegaskan bahwa ada beberapa Kementerian yang membutuhkan Wakil Menteri. Ini terutama untuk posisi Menteri yang memiliki tugas berat. Belum lagi bila ada Menteri yang kerap mendapat tugas ke luar negeri.

"Para Menteri itu habis waktunya di DPR, kemudian ke luar negeri, sehingga dalam rapat kabinet beberapa tidak bisa hadir karena kesibukan di luar," kata Hatta.

Sementara, menurut juru bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, keberadaan wakil menteri tidak akan membebani anggaran negara. "Wakil menteri itu dijabat setingkat pejabat eselon IA," kata Julian. (ren)

Perkuat Penegakan Hukum, Holding BUMN Jasa Survei Gandeng Kejaksaan
dr Ariesta Sari

Dokter Spesialis Ungkap Keajaiban Cellbooster, Teknologi Canggih untuk Tampil Awet Muda

Cellbooster disebut memiliki banyak manfaat, mulai dari mengurangi penumpukan lemak hingga mencegah penuaan dini hingga bisa tampil awet muda.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024