2012, PDIP Ubah Sistem Rekrutmen

Caleg-caleg PDIP antre menandatangani kontrak politik Pemilu 2009
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ingin mengubah sistem rekrutmen calon anggota legislatif menjadi lebih demokratis.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

PDIP berencana, pertengahan 2012 ini, sudah mengeluarkan Daftar Calon Anggota Legislatif Sementara (DCS).

"Dengan begitu, akan ada masukan dari masyarakat, kira-kira nanti siapa yang lebih banyak diterima oleh masyarakat," kata Ketua Tim Pengarah Rapat Kerja Nasional PDI Perjuangan, Andreas Pareira, di sela-sela Rapat Kerja Nasional PDIP di Bandung, Senin 12 Desember 2011.

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

Dia menjelaskan, perubahan sistem rekrutmen ini akan dibahas dalam Rakernas yang berlangsung sampai 14 Desember ini. Lebih lanjut, kata Andreas, PDIP ingin kembali ke sistem proporsional tertutup, bukan sistem proporsional terbuka yang dianut dalam UU Pemilu yang berlaku pada 2009 lalu. "Ada keinginan untuk kembali seperti itu. Ini akan diputuskan dalam Rakernas nanti."

"Sistem tertutup," kata Andreas, "Lebih menjamin Pemilu yang lebih memungkinkan semua mendapat kesempatan yang sama untuk masuk dalam pencalonan. Jika dengan sistem terbuka, pertarungan-pertarungan yang terjadi sangat individualistis antara kader."

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024