Tjahjo: Rieke Pantas Jadi Gubernur Jawa Barat

Rieke Diah Pitaloka
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus

VIVAnews - PDIP mendukung Rieke Dyah Pitaloka untuk menjadi kandidat di pemilihan calon gubernur pada 2013. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PDIP, Tjahjo Kumolo.

"PDIP terbuka bagi seluruh kader partai untuk mendaftarkan diri mengikuti tahapan-tahapan mekanisme sebagai calon kepala daerah, baik melalui pendaftaran penjaringan sampai ke tahap fit and proper test, dan tentunya juga lewat survei independen," kata Tjahjo ketika dihubungi Selasa 20 Desember 2011.

Dengan melakukan pendaftaran, Tjahjo melanjutkan, Rieke dianggap sudah memiliki kemampuan untuk memimpin kepala daerah. "Saya menilai Rieke sangat mampu mengemban tugas sebagai anggota DPR dan tentunya juga mampu sebagai calon kepala daerah," ujar dia.

Namun, menurut Tjahjo, saat ini PDIP masih menunggu mekanisme partai dan hasil survei untuk menentukan siapa calon kepala daerah yang akan diajukan.

'Oneng' --nama tokoh yang pernah diperankan Rieke-- dipastikan maju dalam pemilihan gubernur setelah mengambil formulir pendaftaran pemilihan gubernur di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jabar pada Sabtu 17 Desember 2011.

Kehadiran Rieke menambah nama bakal calon pemilihan gubernur yang digelar pada 2013. Nama lain adalah Yusuf Macan Effendi yang lebih dikenal sebagai Dede Yusuf --yang kini masih menjabat sebagai wakil gubernur Jabar.

Sebelumnya, Wakil Ketua Partai Demokrat, Max Sopacoa, mengakui, ada kemungkinan Dede diusung Demokrat. "Ya, kalau maju Gubernur Jabar mungkin kami dorong. Kalau elektabilitasnya tinggi, ya, tentu kami akan setujui dan mencalonkannya," kata Max ketika dihubungi, di Jakarta, belum lama ini.

Sementara, Partai Keadilan Sejahtera menyatakan bahwa kemungkinan besar partai itu akan mencalonkan kembali Ahmad Heryawan untuk pemilihan gubernur Jawa Barat. Keputusan final tergantung pada Majelis Syuro PKS. (art)

Usai Ramai Digosipkan Selingkuh, Rizky Nazar Minta Maaf
Petugas menunjukkan emas Antam di Butik Antam Pulo Gadung, Jakarta (foto ilustrasi)

Harga Emas Hari Ini 27 April 2024: Emas Antam Kinclong di Akhir Pekan

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini tercatat dibanderol seharga Rp 1.236.000 per gram.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024