Anis-PKS: Aburizal, Dahlan Iskan Berkualitas

Sekjen PKS Anis Matta.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sedang melakukan kajian untuk Pemilihan Presiden 2014. PKS sudah melakukan dua langkah mewujudkan itu, pertama melalui kajian Majelis Pertimbangan Partai (MPP) dan kedua, proses melakukan pemantapan memunculkan nama di Majelis Syuro.

"Dua langkah sudah kita lakukan, di kajian Majelis Pertimbangan Partai disepakati dan terus mendorong kader untuk maju. Dan, sekarang sudah selesai membentuk panitia seleksi termasuk, tengah dalam proses memunculkan nama calon," kata Sekjen PKS Anis Matta di Surabaya, Sabtu 24 Desember 2011.

Terkait pencapresan, PKS memberikan penilaian, idealnya persyaratan untuk bisa mencalonkan Presiden diturunkan. "Idealnya diturunkan, minimal sama dengan parliamentary threshold," kata Anis.

Itu, menurut Anis, agar partai bisa mencalonkan tokoh dari kadernya untuk maju sebagai capres di pemilu mendatang. "Itu hasilnya sangat baik, selain muncul banyak stok calon pemimpin nasional. Masyarakat akan mendapat keuntungan dan kemudahan untuk menilai siapa yang layak sesuai penilaian mereka sendiri," kata Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat itu.

Selebihnya, PKS mendesak agar pemerintah segera menyelesaikan UU Pemilihan Presiden di tahun 2012 mendatang. Termasuk, berharap semua parpol juga segera mengumumkan calon presidennya. Dengan segera mengumumkan calon presiden dari masing-masing, selain memberikan pendidikan politik yang baik, juga masyarakat memiliki waktu yang panjang serta berpikir dengan berbagai
pertimbangan dalam menentukan pilihan.

"Di Indonesia ini, banyak calon-calon pemimpin yang memiliki kualifikasi sebagai pemimpin. Dan, itu harus diketahui masyarakat,"
kata Anis.

Kemudian sejumlah nama yang dimaksudkan memiliki kemampuan sebagai pemimpin disebutkan, di antaranya Aburizal Bakrie, Prabowo Subianto, Mahfud MD, termasuk Dahlan Iskan. "Dari Jawa Timur juga banyak, termasuk dari generasi muda cuma selama ini belum kelihatan."

Sementara, saat ditanya apakah PKS akan memberikan contoh menyebut atau mengumumkan capresnya lebih awal, agar masyarakat juga punya banyak waktu untuk berfikir guna menentukan pilihan, Sekjen PKS itu menjawab kemungkinan tersebut memang ada. "Tidak tertutup kemungkinan, PKS juga lebih awal munculkan capres," katanya. Laporan Tudji Martudji | Surabaya (adi)

Golkar Sambut Baik PAN Jagokan Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta 2024
PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) [dok. IWIP]

Kasih Ruang Karier dan Promosikan Puluhan Ribu Karyawan, Intip Strategi IWIP

PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) menegaskan komitmen untuk selalu memberikan kesempatan dan ruang bagi karyawan yang ingin belajar, hingga berkembang maju.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024